Gaikindo Ikut Kembangkan Industri Otomotif RI

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Selama ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tak bisa dilepaskan perannya dalam pengembangan industri otomotif di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menilai Gaikindo merupakan mitra strategis pemerintah karena memberikan masukan bagi pengembangan industri otomotif nasional.

“Gaikindo telah menjadi lebih dari mitra. Kontribusi dan komunikasi selama ini sangat erat dan bersahabat,” kata Saleh di Jakarta.

Beberapa industri global, menurut Saleh, telah berkomitmen menambah investasi dan ekspansi.

“Toyota akan menanam modal sebesar Rp5,4 triliun pada tahun ini, Mitsubishi Rp6 triliun dan SGMW-Wuling asal China yang tengah membangun pabrik dengan investasi mencapai Rp11 triliun,” paparnya.

Lebih lanjut Saleh merinci beberapa masukan bagi Ketua Umum dan pengurus baru yang nanti akan terpilih. Pertama, tantangan pengembangan industri otomotif ke depan akan semakin berat, sebagai dampak dari persaingan globalisasi yang semakin ketat dan tidak lagi mengenal batas-batas wilayah.

“Peran Asosiasi semakin penting dalam memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka perumusan kebijakan-kebijakan serta program yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha industri otomotif sehingga industri ini dapat semakin berkembang dan mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional,” ujarnya.

Saleh menambahkan, pihaknya tetap menjaga iklim usaha yang kondusif dan senantiasa memberikan dukungan agar pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya dengan baik di Indonesia.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here