Kapan Indonesia Bikin Mobil Listrik?

Kapan Indonesia Bikin Mobil Listrik?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Dibutuhkan komitmen pemerintah agar pengembangan mobil listrik yang dilakukan sejumlah pihak, termasuk perguruan tinggi, dapat segera diwujudkan.

Sejauh ini pengembangan mobil listrik di Indonesia masih belum terealisasi, padahal sudah ada beberapa perguruan tinggi yang telah mampu membuat mobil listrik, seperti Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

“Kami sangat berharap dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait untuk merealisasikan memproduksi mobil listrik yang jauh lebih ramah lingkungan dari mobil konvensional,” kata Ketua Tim Pengembangan Mobil Listrik ITS, M. Nur Yuniarto, di Jakarta, baru-baru ini.

Sebenarnya pihak ITS sudah ingin masuk ke fase industrialisasi dan perguruan tinggi bisa membuat tapi tidak bisa menjual. Untuk itu diharapkan ada kerjasama dengan Kementrian Perindustrian untuk mengembangkan mobil listrik,” imbuhnya.

Nur mengatakan, berdasarkan hasil risetnya, diperkirakan untuk harga jual satu mobil jenis city car berbahan bakar listrik, harga jualnya bisa mencapai Rp500 juta per unit.

“Kalau diriset sekitar Rp200 juta, kalau sudah diproduksi secara massal harganya bisa berkembang, mungkin sekitar Rp400 juta sampai dengan Rp500 juta,” papar dia.

Pemerintah dan lembaga maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait, lanjut Nur, seharusnya bisa merealisasikan dan menciptakan industri mobil listrik nasional. Sementara pihaknya akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk bekerja di Industri tersebut.

“Harus disiapkan SDM dari nol supaya mahasiswa bisa mengembangkan produk mobil listrik. Untuk masuk industri, masih sulit untuk memahaminya,” pungkasnya.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here