Roadmap Mobil Penumpang Terbit Semester II

Roadmap Mobil Penumpang Terbit Semester II

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pemerintah saat ini tengah menggodok peta jalan (roadmap) untuk mobil penumpang yang mencakup semua kategori dan siap diterbitkan dalam waktu dekat.

Rancangan peta jalan untuk mobil penumpang itu memiliki arah pengembangan yang tidak hanya terbatas pada mobil serba guna, melainkan untuk semua jenis kendaraan.

“Nantinya roadmap mobil penumpang adalah konsep pengembangan mobil penumpang secara umum agar industri yang berkembang tidak hanya segmen multi purpose vehicle (MPV), tapi juga segmen lain seperti sport utility vehicle (SUV), crossover, dan sedan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, baru-baru ini.

Roadmap yang akan disinergikan dengan program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV), menurut Putu, ditargetkan selesai semester kedua tahun ini.

“Penyusunan roadmap ini untuk meningkatkan pasar ekspor kendaraan produksi dalam negeri,” papar dia.

Selama ini, lanjut Putu, permintaan mobil penumpang terutama jenis sedan di pasar global, mayoritas adalah produk yang ramah lingkungan.

“Kami akan mensinergikan kedua roadmap tersebut untuk meningkatkan kinerja ekspor. Selain itu, penyusunan peta jalan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing industri otomotif di pasar regional,” ujarnya.

Putu menambahkan, negara Asean lainnya seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand telah memiliki roadmap mobil penumpang.

“Permintaan di pasar global pada mobil penumpang, termasuk sedan SUV, dan crossover semakin tinggi. Kalau hanya mengandalkan MPV, pasarnya terbatas,” tutur Putu.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here