20 Mobil Mahasiswa Indonesia Ikut Lomba Irit Se-Asia

20 Mobil Mahasiswa Indonesia Ikut Lomba Irit Se-Asia

RAJAMOBIL.COM, Manila – Sebanyak 20 tim dari 13 perguruan tinggi di Indonesia akan mengikuti Shell Eco-Marathon (SEM) di Manila, Filipina pada 3-6 Maret 2016. Pada ajang tahun ini Indonesia menjadi pengirim tim mahasiswa terbanyak kedua setelah tuan rumah Filipina yang mengirimkan 28 tim.

Tim asal Indonesia nantinya akan berlomba dengan sekitar 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Ajang tersebut menjadi Shell Eco-Marathon Asia ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan dan didesain khusus di Kota Manila, Filipina.

“Keikutsertaan mahasiswa Indonesia di SEM Asia ini menjadi sangat penting karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan, serta memerhatikan aspek keselamatan,” terang Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia, dalam keterangan resminya.

Lebih dari 100 kendaraan yang akan berkompetisi di SEM Asia 2016. Kendaraan-kendaraan tersebut akan tampil dengan beragam jenis bahan bakar, seperti bensin, solar, bensin alternatif (etanol 100), solar alternatif (bahan bakar gas atau metil ester asam lemak produk Shell), serta baterai elektrik atau sel bahan bakar hidrogen.

Nantinya, para mahasiswa akan terbagi dalam kategori Prototype dan Urban Concept. Kategori Prototype melombakan mobil futuristis yang bertujuan memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan elemen desain inovatif.

Sedangkan Urban Concept dinilai dari desain kendaraan konvensional roda empat hemat bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mengemudi saat ini. Selanjutnya semi memenuhi kebutuhan nyata, berbagai kendaraan tersebut harus memiliki tampilan menyerupai mobil yang ada di pasaran saat ini.

Dalam perlombaan hemat ini, hasil pengukuran untuk kendaraan berbahan bakar listrik akan menggunakan satuan kilometer per kilowatt hour (km/kWh). Sementara untuk kendaraan berbahan bakar lainnya menggunakan satuan km per liter.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here