Fuso Tak Permasalahkan Truknya Minum Solarlite

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Pertamina (persero) berencana melahirkan varian baru bahan bakar jenis solar yang diberi nama Solarlite. Mendengar hal itu, Mitsubishi Fuso sebagai produsen kendaraan niaga yang juga pemakai BBM Solar mempunyai komentar. Apa itu?
“Kendaraan kita memang idealnya pakai bahan bakar yang sama dengan jenis Euro2, atau sama dengan Pertadex. Tapi untuk di bawah tidak masalah, karena kalau pakai jenis itu kan mahal,” jelas Technical Service Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Yuswadi di Jakarta, Selasa (1/3).
Yuswadi menambahkan, pihaknya telah mendengar rencana Pertamina yang bakal memasarkan bahan bakar baru. Menurutnya, solarlite yang kabarnya memiliki kadar cetane 51 justru akan sangat baik jika digunakan untuk kendaraan Mitsubishi Fuso ketimbang bahan bakar solar biasa.
“Pakai solar saja bagus apalagi diberi solarlite yang gradenya lebih bagu. Pastinya tenaga dan emisinya pun juga bagus,” tambah Yuswadi.
Yuswadi mengakui hingga saat ini pihaknya belum melakukan studi secara khusus terhadap Solarlite. Namun ia menyatakan bahwa BBM dengan grade yang lebih bagus akan menjadi pilihan baik bagi konsumen Mitsubishi Fuso yang sudah terbiasa menggunakan solar biasa ataupun Pertamina Dex.
Sebagai informasi, Mitsubishi Fuso menghadirkan dua kendaraan baru di Indonesia, yaitu Tractor Head FZ 4928 dan FZ 4028. Kedua truk baru Mitsubishi Fuso tersebut dilengkapi mesin 6.373 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 280 Ps pada 2.200 rpm dan torsi 112 kg.m pada 1.200-1.600 rpm. Dan meski menggunakan mesin sama, sistem penggeraknya berbeda. Untuk FZ 4028 berpenggerak 4×2 dan FZ4928 menggunakan 6×4. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here