Ini Cara Otomotif RI Sukses di Era MEA

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), para pelaku industri dalam negeri, tak terkecuali di sektor otomotif, sepertinya harus meningkatkan daya saing agar tak kalah dalam persaingan.

Menteri Perindustrian Saleh Husin, meminta kepada pelaku industri otomotif nasional untuk terus meningkatkan daya saing di era MEA saat ini agar industri otomotif Indonesia tak hanya berjaya di dalam negeri.

“Untuk mendukung daya saing industri nasional, beberapa langkah strategis yang perlu sama-sama dilakukan pemerintah dan pelaku usaha di sektor otomotif, salah satunya melalui penguatan industri komponen pendukung,” katanya di Jakarta, baru-baru ini

Menurut Saleh, penguasaan teknologi penting untuk ditingkatkan. Selain itu, kegiatan penelitian dan pengembangan serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia perlu dilakukan.

“Penguasaan pemanfaatan pasar dalam negeri serta pengembangan ekspor, juga harus dilakukan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi otomotif di dunia,” papar dia.

Lebih lanjut Saleh mengungkapkan, produsen otomotif harus mengoptimalkan penjualan ekspor ke negara-negara yang tidak menjadi basis produksi pabrikan otomotif.

“Pengembangan ekspor harus terus dilakukan dan harus dipikirkan industri otomotif yang ramah lingkungan di Indonesia. Pasalnya, negara-negara ekspor otomotif di Indonesia mulai menerapkan standar kendaraan bermotor ramah lingkungan,” ujar Saleh.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here