Ini Alasan Toyota Prius Tetap akan Dominasi Pasar

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Kehadiran Toyota Prius 2016 mengundang respons yang berlawanan dari konsumen, ada yang suka, tapi tak sedikit yang mencibir. Anda termasuk yang mana?

Versi anyar dari model hybrid pertama Toyota ini memang mengundang reaksi positif dan negatif, terutama dari sisi desainnya. Sekilas, garis desain mulai dari pilar C ke belakang serta bagian buritannya mirip dengan desain Toyota Mirai. Sementara bagian depannya memiliki wajah sedikit ‘nyeleneh’, yang membuat banyak orang memberikan nilai negatif.

Namun, dengan berbekal reputasinya sebagai model hybrid pertama di dunia dan kehandalannya yang diakui dunia, tetap saja para penggila mobil irit ingin memburunya, tak peduli dengan wajah yang agak aneh tadi. Benar saja, Prius Liftback generasi keempat ini boleh saja mengundang pro dan kontra dari sisi desain, tapi dari sisi teknologi yang diusung, model ini mungkin menjadi yang paling atraktif di dunia.

Faktanya, pada Januari lalu, seperti dilansir hybridcars.com, Toyota sudah mengantongi pemesanan sebanyak 18.600 unit Prius, yang mencakup model 2015 dan 2016. Angka itu lebih banyak sekitar 3.000 unit dibandingkan dengan Chevrolet Volt, yang justru tercatat selama 12 bulan penjualan. Hingga akhir Maret 2016, penjualan Prius 2016 diprediksi bakal melampaui proyeksi penjualan Volt 2017 untuk setahun penuh.

Tapi bukan untuk membandingkan dengan Volt, yang jelas Prius telah mengungguli semua mobil dengan energi alternatif yang dipasarkan saat ini, mulai dari Honda, Ford, Hyundai, Kia, Volkswagen, BMW, Audi, Mercedes, Lexus, Infiniti, Mitsubishi, Volvo, Nissan, dan Tesla.

Tahun lalu, dengan mulai merosotnya penjualan seiring dengan habisnya siklus hidup, Prius Liftback terjual sebanyak 114.000 unit di AS. Analis Alan Baum memproyeksikan tahun ini Prius Liftback akan terjual 130.000 unit dan untuk 2017 akan terlego sebanyak 143.000 unit di AS.

Sejak diluncurkan pertama kali di Jepang pada 1997, Prius telah terjual sebanyak lebih dari 3,5 juta unit di 90 negara di seluruh dunia. Dengan volume penjualan yang telah terbukti, tampaknya Prius masih akan terus mendominasi dalam beberapa tahun ke depan.

Prius Liftback memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 52 mpg (22,075 km/liter) hingga 56 mpg (23,808 km/liter), tergantung pada tipenya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here