9 Mobil Buatan Mahasiswa Indonesia Siap Adu Irit di Filipina

RAJAMOBIL.COM, Manila – Sebanyak 9 mobil buatan mahasiswa Indonesia siap mengikuti lomba mobil irit dalam ajang Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila, Filipina. Kesembilan mobil tersebut lolos uji teknis dan siap bersaing dengan peserta negara-negara lain.

Di ajang ini Indonesia diwakili oleh enam tim dari berbagai universitas seperti Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

“Keenam tim ini merupakan tim-tim mahasiswa yang berhasil menyelesaikan seluruh aspek Technical Inspection pada hari Kamis, 3 Maret 2016. Keenam mobil dari tim-tim ini berhasil dinyalakan dan melaju dengan mulus di garis start saat acara peresmian pembukaan tadi,” kata Haviez Gautama, General Manager, External Relations PT Shell Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

Untuk dapat ikut berlomba, seluruh mobil yang mengikuti kompetisi ini harus lolos Uji Inspeksi Teknis (Technical Inspection) guna memastikan kelayakan, keamanan dan keselamatan. Uji ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, keamanan dan keselamatan mobil yang akan diikutkan dalam perlombaan adu irit bahan bakar tingkat internasional tersebut.

”Seluruh mobil yang akan mengikuti kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila harus mendapatkan stiker uji inspeksi teknis untuk  bisa ikut dalam kompetisi di trek jalan raya yang akan berlangsung besok,” tambah Haviez.

Lebih lanjut Haviez mengatakan, stiker ini menandakan bahwa mobil telah lolos inspeksi teknis, termasuk diantaranya aspek keselamatan untuk bisa mengakses trek yang digunakan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini

Adapun beberapa tim mahasiswa dari Indonesia, antara lain tim Nakoela dari Universitas Indonesia dan tim Batavia Generation Team dari Universitas Negeri Jakarta telah berhasil menyelesaikan seluruh aspek uji inspeksi teknis.

Selanjutnya baik tim Nakoela maupun tim Batavia Generation Team akan bertanding di kelas Prototype dengan menggunakan gasoline (bensin) sebagai sumber energinya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here