Mengupas Transmisi Unik Lexus LC500h

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Model hybrid Lexus terbaru, LC500h, dibekali setelan transmisi unik, yaitu girboks empat percepatan yang disandingkan dengan CVT. Bagaimana cara kerjanya?

Transmisi ganda tersebut digarap oleh tim pimpinan Koji Sato, chief engineer Lexus LC500h. Dalam sebuah wawancara dengan Automotive News di sela ajang Geneva Motor Show pekan lalu, pria asal Jepang itu menjelaskan bagaimana dan mengapa Lexus memilih untuk menyambungkan dua transmisi itu bersama-sama. Alasannya adalah demi mendapatkan pengalaman mengemudi yang mengesankan.

Gagasan di balik solusi teknis itu adalah untuk mengurangi kesan ‘performa loyo’ yang biasa terasa pada transmisi CVT konvensional. Bagi Anda yang tak biasa dengan fenomena itu, bisa dijelaskan bahwa jika Anda menginjak pedal gas dalam-dalam, mesin akan meraung dan jarum di tachometer akan naik, tapi mobil tak segera berakselerasi dengan cepat.

Pada mobil tanpa CVT, gejala seperti itu seperti layaknya kopling selip, atau ada masalah serius pada transmisi otomatis. Tapi pada mobil bertransmisi CVT, gejala ini biasa ketika mesin merespons pada akselerasi tiba-tiba.

Nah, dengan setelan anyar ini, Lexus ingin mengubah gejala itu pada mobil-mobil terbarunya yang dilengkapi dengan multi-stage hybrid system. Solusi ini bukan untuk memperkenalkan girboks kopling ganda atau girboks matik delapan percepatan, melainkan tetap mempertahankan transmisi CVT dengan girboks matik empat percepatan.

Ide penyatuan dua girboks itu adalah agar girboks matik empat percepatan memodulasi tenaga dari CVT dan menciptakan perpindahan gigi seperti biasa. Sepasang girboks itu mensimulasikan perpindahan enam gigi secara total, tapi pengemudi tak akan tahu perpindahan gigi itu melalui girboks matik atau CVT.

New Lexus LC500h adalah model pertama di jajaran model Lexus yang mengadopsi transmisi baru ini, dan setelah itu akan menyusul beberapa model lainnya. Setelah LC500h, model berikutnya akan akan menggunakan transmisi baru itu adalah LS generasi anyar, yang akan mulai dipasarkan tahun depan. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here