Mesin Toyota ‘Made In’ Karawang Diekspor ke Berbagai Negara

RAJAMOBIL.COM, Karawang – Toyota kini memiliki fasilitas pabrik baru yang memproduksi mesin di Indonesia. Pabrik yang berada di Karawang, Jawa Barat tersebut khusus memproduksi mesin bensin aluminium bertipe R-NR.

Pabrik mesin kedua ini, nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, namun juga untuk pasar mancanegara. Setidaknya, sudah ada lima negara tujuan ekspor untuk mesin mobil Toyota ini di Asia.

“Toyota memposisikan Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok utama tidak hanya untuk kendaraan, namun juga untuk mesin. Kami telah melakukan bisnis di Indonesia selama 45 tahun dan kami yakin pada kemampuan Toyota Indonesia untuk dapat memenuhi tuntutan baik dari pasar otomotif domestik maupun global,” Senior Managing Officer (SMO) Toyota Motor Corporation (TMC) K. Saga dan M. Kawai di Karawang, Jawa Barat.

Ada dua varian mesin yang diproduksi di lokasi tersebut, mesin RNR 1,3L dan 1,5L. Kehadiran pabrik baru Toyota tersebut membuat posisi Indonesia dianggap sebagai salah satu basis produksi Toyota di seluruh dunia.

Sebelumnya, Toyota sudah memproduksi mesin berkode TR dipabrik yang ada di Karawang. Mesin berkode TR yang diproduksi di Kawarang itu juga diekspor ke 12 negara di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Bahkan dalam 5 tahun terakhir, sekitar 51.500 mesin TR diekspor setiap tahunnya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here