Serius Mobil Otonom, GM Akuisisi Cruise Automation

RAJAMOBIL.COM, Detroit – General Motors (GM) tampaknya tak ingin tertinggal dari para rivalnya dalam penguasaan teknologi mobil otonom. Dalam sekitar lima tahun ke depan, mobil otonom bukan lagi fiksi, tapi sebuah keniscayaan. Terlebih sekarang hampir semua pabrikan besar telah memulai riset dan pengembangan mobil otonom, belum lagi yang dilakukan perusahaan non otomotif, seperti Google dan Apple.

Itulah yang membuat General Motors harus segera mengantisipasinya. Caranya dengan membeli perusahaan startup bernama Cruise Automation, demikian seperti dilansir Autoguide.

Perusahaan ini akan beroperasi dengan unitnya sendiri dan berada di dalam naungan Autonomous Vehicle Development Team milik GM yang dibentuk pada 2013 lalu untuk mempercepat pengembangan mobil otonom.

Saat ini Cruise Automation memasarkan sejumlah peranti aftermarket, seperti radar sensor dan perangkat keras lainnya dan dipakai oleh beberapa Audi model terbaru. GM juga baru saja menginvestasikan dana US$500 juta ke perusahaan bernama Lyft, yaitu sebuah perusahaan ride sharing yang dikenal memiliki merek Maven.

Para petinggi GM yakin sejak awal bahwa ride sharing dan kendaraan otonom bisa saling mengisi atau mendukung. Namun, sejauh ini GM belum mengungkapkan nilai transaksi pembelian Cruise Automation. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here