Honda Resmi Hadirkan Penantang Toyota Mirai

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Honda pekan lalu mengumumkan kehadiran sedan berbahan bakar hidrogen bernama Clarity Fuel Cell. Mobil rival Toyota Mirai ini selain bisa dibeli juga disewakan di Jepang.

Jika konsumen ingin membelinya, siapkan dana sebesar mulai dari 7.660.000 yen (US$67.350) atau kalau dirupiahkan sekitar Rp878 juta. Tapi bila masuk Indonesia, tentu akan melonjak harganya.

Clarity versi teranyar ini pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2015 lalu, yang merupakan mobil hidrogen terbaru yang dibuat Honda. Untuk menantang Mirai yang lebih dulu dipasarkan, baik di Jepang, AS dan Eropa, Honda membanggakan jarak tempuh Clarity yang mencapai 750 kilometer per tangki bahan bakar hidrogen.

Honda Resmi Hadirkan Penantang Toyota Mirai

Tapi meski memiliki jarak tempuh yang melebihi kemampuan Mirai, sepertinya Honda belum terlalu percaya diri untuk melakukan produksi dalam jumlah besar. Untuk tahap awal, Clarity hanya akan diproduksi secara terbatas, demikian seperti dilansir Autoevolution.

Secara dimensi, Clarity terlihat bongsor, yaitu dengan panjang mencapai 4.915mm, lebar 1.875mm dan tinggi 1.480mm. Bobotnya juga patut menjadi perhatian. Dengan berbekal fuel cell system yang berat, maka bobot total Clarity bisa mencapai 1.890 kilogram, atau nyaris 2 ton.

Honda Resmi Hadirkan Penantang Toyota Mirai

Clarity memiliki tangki hidrogen yang dikompresi di angka 70MPa. Total volume tangki mencapai 141 liter, yang terbagi antara 24 liter di tangki depan dan 117 liter di tangki belakang. Arus listrik dialirkan ke motor AC berkapasitas 130 kW mulai dari 4.500 hingga 9.028 rpm, dan bisa ditingkatkan hingga 13.000 rpm. Untuk torsi sebesar 300 Nm yang tercapai mulai dari 0 hingga 3.500 rpm.

Jika ada yang berminat, Honda hanya menyediakan tiga warna pilihan, yakni White Orchid Pearl, Crystal Black Pearl dan Premium Brilliant Garnet (metallic red). (yog).

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here