Audi Paling Puaskan Konsumen Versi J.D. Power

RAJAMOBIL.COM, New York – Di jajaran merek mobil mewah, kini Audi berada di posisi puncak dalam hal kepuasan pelanggan saat mengunjungi diler.

Studi bertajuk J.D. Power 2016 Customer Service Index (CSI) baru saja dirilis, dan dalam studi tersebut nama Audi tertera di posisi pertama sebagai merek mewah yang paling memuaskan pelanggan. Posisi puncak tahun lalu untuk kategori yang sama diduduki oleh Jaguar.

Tahun ini, Jaguar hanya mampu mengoleksi skor 854 (dengan skala 1.000 poin), sementara Audi berhasil meraih 874 poin. Kepuasan konsumen dalam studi itu didasarkan pada kepemilikan selama tiga tahun dan merangkum data lebih dari 72.000 pemilik dan penyewa untuk kendaraan model 2011 hingga 2015.

Lexus merangsek satu tingkat ke posisi kedua tahun ini dengan meraup 869 poin, sedangkan Cadillac di tempat ketiga dengan 863 poin. Tiga merek mewah lainnya berhasil mengumpulkan angka di atas rata-rata industri yang sebesar 854, naik dari 852 pada 2015. Ketiga merek itu adalah Mercedes-Benz (857), Jaguar (856) dan Lincoln (856).

Berada di posisi ketujuh, seperti dilansir Autoguide, adalah Infiniti (852), disusul oleh Porsche (848) dan BMW (844). Sementara merek-merek yang berada di posisi terbawah dalam studi itu adalah Volvo (837), Land Rover (831) dan Acura (829).

Chris Sutton, vice president, U.S. automotive retail practice di J.D. Power, mengatakan bahwa dibutuhkan konsistensi dalam hal layanan terhadap konsumen, dan janganlah layanan itu didasarkan pada maksud kedatangan pelanggan ke diler, seperti apakah akan melakukan perawatan, perbaikan atau hanya untuk konsultasi.

“Kurangnya konsistensi dalam hal layanan, terutama untuk perbaikan produk yang di-recall, dapat merusak persepsi pelanggan terhadap merek yang bersangkutan, dan efek negatifnya adalah konsumen tidak akan membeli merek itu lagi di masa mendatang,” ucapnya. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here