10 Merek Mobil dengan Layanan Kurang Memuaskan di AS

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tak semua produsen mobil memberikan tingkat kepuasan yang sama terhadap konsumen pada saat mereka melakukan perbaikan atau perawatan di bengkel resmi.

Hal itu terekam dalam J.D. Power 2016 Customer Service Index (CSI) Study yang mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan diler di Amerika Serikat (AS). Mengacu pada respons lebih dari 72.000 pemilik dan penyewa kendaraan model 2011 hingga 2015.

Dalam studi yang dilansir Autoguide itu, kepuasan konsumen secara keseluruhan meningkat, yaitu dengan rata-rata 797, naik dari tahun lalu yang tercatat di angka 792, dengan skala penilaian 1.000.

Berikut adalah 10 merek yang tercatat memberikan pelayanan kurang memuaskan kepada konsumen, dengan angka 10 adalah merek yang mencatat layanan lebih baik di antara 9 merek lainnya. Di dalam daftar ini, merek Ram dinilai yang memberikan layanan kurang memuaskan.

10. Honda
Tahun ini Honda finish di bawah rata-rata industri dengan skor 789. Tahun lalu, pabrikan mobil Jepang ini berada di atas rata-rata industri dengan skor 796.

9. Mazda
Mazda melanjutkan kiprahnya dalam memberikan layanan kurang memuaskan kepada konsumen, dengan skor 786. Tahun lalu, Mazda mencetak skor hanya 779.

8. Mitsubishi
Mitsubishi yang kini fokus ke kendaraan listrik untuk model crossover dan SUV, belum beranjak dari posisi tahun lalu dalam hal memberikan kepuasan kepada konsumen, yakni meraih skor 785, alias sama dengan tahun lalu.

7. Scion 
Bila melihat merek Toyota finish di posisi 10 besar, diharapkan merek Scion juga bisa meningkat layanannya. Tapi ternyata tak banyak berubah apa yang dilakukan oleh Scion tahun ini, terlebih merek ini sudah dimatikan oleh Toyota. Tahun ini meraih skor 780, konsiten dengan raihan tahun lalu yang di angka 777.

6. Ford
Ford mungkin merek terlaris di segmen pick-up di AS, tapi ternyata merek ini belum cukup memberikan kepuasan kepada konsumennya. Tahun ini, Ford hanya mencatat skor 777, naik tipis dari pencapaian tahun lalu di angka 776.

5. Chrysler
Untuk posisi lima terbawah dalam survei yang digelar J.D. Power, Chrysler mencatat skor 775 tahun ini, sama dengan tahun lalu yang kebetulan juga berada di urutan yang sama.

4. Dodge
Dodge tahun ini mampu naik dari 749 menjadi 754 dan melompat dua posisi ke urutan keempat layanan tidak memuaskan dalam memberikan kepuasan kepada konsumen.

3. Fiat
Fiat tahun ini berada di urutan ketiga sebagai merek yang terburuk memberikan layanan kepada konsumen, dengan skor 747. Sementara tahun lalu, merek Italia ini mencatat skor 762, atau yang tidak memuaskan keempat.

2. Jeep
Satu lagi merek di bawah FCA yang mencatat rekor buruk dalam memuaskan konsumen adalah Jeep. Merek ini membukukan skor 744 tahun ini, yang menjadikannya sebagai runner-up merek yang memberikan layanan tidak memuaskan, dibandingkan tahun lalu 740.

1. Ram
Yang mengejutkan, Ram menjadi merek di bawah FCA sebagai juara dalam memberikan layanan tidak memuaskan kepada konsumen tahun ini setelah mencatat skor 728. Padahal tahun lalu, merek Ram berada di posisi ketiga dengan skor 756. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here