25 Model Toyota-Lexus Punya Rem Otomatis 2017

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Toyota dan Lexus akan melengkapi hampir seluruh model kendaraannya dengan rem darurat otomatis sebagai peranti standar pada akhir 2017.

Komitmen tersebut telah menempatkan raksasa otomotif Jepang itu di baris terdepan di antara pabrikan otomotif dunia, yang menargetkan penerapan teknologi pengereman darurat otomatis sebagai peranti standar pada 2022 mendatang.

Adapun standardisasi peranti pengereman canggih itu terwujud menyusul kesepakatan yang dicapai 20 pabrikan mobil dunia untuk melahirkan mobil yang mengadopsi teknologi keselamatan canggih, termasuk pengereman darurat otomatis, sebagai fitur standar.

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengestimasi bahwa standardisasi pengereman darurat otomatis pada seluruh model kendaraan akan dapat mencegah 28.000 kecelakaan dan 12.000 korban luka dalam tiga tahun pertama teknologi tersebut diterapkan.

Toyota melalui laman resminya mengatakan bahwa teknologi pengereman otomatis itu akan dimasukkan dalam paket Toyota Safety Sense, yang juga akan menjadi peranti standar untuk mobil Toyota mulai tahun depan.

Sama seperti Toyota, hampir semua model Lexus akan dilengkapi fitur Lexus Safety System+. Kedua paket keselamatan itu mencakup pre-collision system, yang dirancang untuk mencegah atau mengurangi dampak dari kecelakaan. Tak hanya itu, fitur tersebut juga meliputi lane departure alert dan automatic high beam assist untuk meningkatkan jarak pandang selama mengemudi di malam hari.

Tercatat 25 dari 30 model Lexus dan Toyota akan dilengkapi dengan salah satu dari paket keselamatan itu sebagai peranti standar pada akhir tahun depan. Namun, Toyota Mirai dan Scion iA tak termasuk dalam model yang akan dibenamkan teknologi keselamatan canggih itu.

Selain itu juga Toyota 4Runner, Toyota 86, dan Lexus GX, yang belum akan mengadopsi teknologi tersebut pada akhir 2017. Namun demikian, Toyota akan melengkapi model-model tersebut dengan peranti pengereman darurat otomatis setelah lahir generasi terbarunya. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here