Daihatsu Optimistis GDP Masyarakat Indonesia Meningkat

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di tengah pasar otomotif yang sedang lesu, PT Astra Daihatsu Motors (ADM) optimistis bahwa penjualan mobil nasional akan dapat meningkat di masa mendatang.

Adapun keyakinan tersebut diungkapkan, Priyo Wisaksono, Marketing Planning and Product Development Dept Head PT Astra Daihatsu Motor dalam Workshop Basic Automotive di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (22/3).

“Pasar otomotif Indonesia itu akan berkembang. Hal tersebut terlihat dari populasi Indonesia secara menyeluruh itu potensial. GDP (Gross Domestic Product) saat ini masih terbilang kecil, tapi kami percaya akan dapat tumbuh ke depannya,” terang Priyo.

Priyo membanding, jumlah populasi masyarakat Indonesia dan China dengan jumlah unit mobil yang terjual. Saat ini jumlah populasi masyarakat China mencapai 1,4 miliar orang, dan dengan jumlah masyarakat tersebut penjualan mobil di China membukukan 21,777 juta unit di tahun 2015.

Sedangkan Indonesia yang memiliki populasi penduduk sekitar 257 ribu orang mampu meraih penjualan sebesar 1,031 juta unit mobil hingga akhir tahun 2015. Sementara GDP masyarakat Indonesia hanya mencapai 3,416 berbeda jauh dengan GDP masyarakat China yang mencapai 8,280.

“Kalau dilihat dari jumlah itu, masyarakat Indonesia itu sekitar seperempat dari populasi orang China. Jadi kalau dihitung-hitung penjualan mobil di China bisa sampai 3 juta unit per tahun. Jadi kami percaya penjualan mobil akan dapat terus meningkat, seiring dengan meningkatnya GDP masyarakat Indonesia ke depannya,” tambah Priyo.

Lebih lanjut Priyo menambahkan, masyarakat Indonesia yang memiliki penghasilan menengah ke atas sekitar 60 juta orang.

“Dengan jumlah tersebut kami percaya GDP akan terus meningkat dan penjualan mobil juga akan meningkat,” pungkas Priyo. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here