Impor Mobil Naik Bukan Berarti Pasar Pulih

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kinerja impor mobil ke pasar domestik mengalami kenaikan selama dua bulan pertama 2016 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), impor mobil utuh pada Februari tahun ini mencapai 9.172 unit, melebihi capaian Januari yang sebesar 5.177 unit.

“Impor Februari tahun 2015 lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu. Kinerja itu naik 18,7% dibandingkan dengan Februari 2015 yang hanya 7.725 unit,” ujar Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, secara keseluruhan dalam dua bulan pertama tahun ini total impor mobil utuh mencapai 14.289 unit. Volume itu sedikit lebih cerah dari capaian Januari dan Februari tahun lalu yang secara total hanya sekitar 13.359 unit, atau lebih rendah 6,9%.

“Umumnya, fluktuasi volume impor mobil utuh tersebut mengikuti gerak pasar domestik. Namun sebaliknya, hingga Februari tahun ini, pasar masih cenderung stagnan,” papar dia.

Adapun kenaikan volume impor mobil utuh, lanjut Yongkie, belum memberikan gambaran membaiknya pasar domestik.

“Untuk awal tahun, kemungkinan masing-masing agen pemegang merek menyesuaikan stok yang telah kosong. Belum bisa dipastikan pertumbuhan impor itu tumbuh selama tahun ini, minimal hingga kuartal pertama kami harus cermati keadaan pasarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ungkapnya sejauh ini pihaknya masih meramalkan pasar maksimal tumbuh 5% dibandingkan dengan tahun lalu. Lantas, dengan kondisi demikian impor mobil utuh tidak bisa lebih membesar. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here