‘Menguliti’ Adik Range Rover Sport, Rival BMW X6

RAJAMOBIL.COM, London – Range Rover kabarnya tengah menyiapkan model anyar untuk menantang BMW X6. Model baru itu disebut-sebut memiliki nama sandi L560, dan kemungkinan akan menyandang nama Range Rover Sport Coupé.

‘Rahasia’ lain yang berhasil dikuak seperti yang dilansir Autocar adalah soal sasis berbahan alloy yang juga digunakan oleh Jaguar F-Pace. Namun hingga saat ini, tak banyak detail mengenai Range Rover Sport Coupé yang diketahui publik. Hanya saja, kabar yang beredar menyebut model tersebut akan diluncurkan tahun depan.

Tetapi sejumlah sumber di Jaguar Land Rover (JLR) membocorkan kepada Autocar bahwa produsen mobil asal Inggris ini akan menetapkan standar baru untuk gaya desain, interior dan fokus pada pengendalian yang mantap untuk pengemudian di jalan raya.

Standar itu pula yang diterapkan pada Jaguar F-Pace. Untuk diketahui, JLR membekali F-Pace dengan suspensi mumpuni dan bodi ringan berbahan aluminium. Tak hanya itu, Range Rover juga bakal membekali model baru itu dengan motor listrik, sehingga kemungkinan besar model ini akan hadir dalam varian hybrid juga.

Bos desain Land Rover, Gerry McGovern, dan kepala desain Range Rover, Phil Simmons, diyakini tengah mengembangkan tampilan baru untuk Range Rover Sport Coupé, dengan mengeksploitasi tampilan sporty serta proporsi moncong panjang dari F-Pace.

Dengan panjang 4,7 meter, New Range Rover akan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan BMW X6 yang memiliki panjang 4,9 meter dan juga Mercedes-Benz GLE Coupé. Range Rover Sport Coupé sepertinya akan mengisi celah di antara Evoque yang panjangnya 4,4 meter dan Range Rover Sport yang punya dimensi panjang 4,85 meter.

Dimensi tersebut juga hampir sama dengan milik BMW X4, yaitu 4,6 meter, meski dari sisi harga lebih mendekati X6 dan GLE Coupé. Dari sisi interior, McGovern sebelumnya berkoar bahwa New Range Rover ini akan memberikan kejutan lebih besar ketimbang apa yang telah dilakukan Evoque pada saat kemunculannya di hadapan publik.

Kabinnya bakal lebih mewah daripada Range Rover yang beredar sekarang, atau bisa dibilang mirip dengan apa yng ditawarkan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE dari sisi layout-nya. Model ini akan mengadopsi layout empat tempat duduk mewah. Juga ada opsi layout 2+1 untuk tempat duduk belakang. Masih seputar kabin.

Disebut-sebut kabin Range Rover Sport Coupé ini lebih mirip kokpit dibandingkan dengan beberapa model Range Rover sebelumnya, dan dipadu dengan garis atap landai serta overhang belakang yang pendek.

Untuk dapur pacunya, akan ada banyak pilihanyang diambil dari beberapa model lansiran JLR, seperti mesin bensin dan diesel enam dan delapan silinder. Meski ada kemungkinan tersedia juga mesin empat silinder seperti yang dipakai Jaguar F-Pace.

Tak cuma itu, ada potensi juga model anyar ini bertenaga listrik penuh, apalagi JLR saat ini tengah mengembangkan teknologi listrik untuk I-Pace EV, yang akan diperkenalkan tahun depan. Namun demikian, karena konsumen Range Rover tersebar di banyak negara di berbagai kawasan, mulai dari Eropa, Amerika hingga Asia, maka terbuka peluang sangat besar untuk melahirkan versi hybrid, yang bisa jadi berbasis pada mesin 3.0 SDV6 HEV bertenaga 340bhp yang dipakai oleh Range Rover Sport.

Sementara jika Range Rover memilih mesin 5.0-litre V8 supercharged bertenaga 542bhp untuk model anyar ini, maka performanya tak perlu disangsikan lagi. Terlebih bobotnya yang ringan, yakni sekitar 1.800kg, atau lebih ringan 400kg ketimbang X6 dan GLE Coupé. Bila mengacu pada uraian di atas, rasanya sudah tak sabar untuk menyaksikan tampilan dan performa dari Range Rover Sport Coupé ini. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here