Industri Otomotif RI Fokus ke Mobil Ukuran Kecil

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Untuk mengembangkan industri otomotif nasional, diperlukan road map mobil penumpang yang sesuai dengan kondisi masyarakat dan pasar di Tanah Air.

Untuk itu Kementerian Perindustrian sepakat dengan usulan bahwa peta jalan mobil penumpang harus fokus pada pengembangan kendaraan berukuran kecil.

“Secara umum untuk segmen kendaraannya, tidak khusus untuk sedan saja. Nanti roadmap ini bisa dikategorikan sebagai kendaraan penumpang kecil,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta.

Meski masih dalam tahap kajian, Putu optimistis peta jalan ini akan tuntas pada enam bulan kedua tahun ini, dengan catatan pelaku industri segera menyerahkan rekomendasi atau usulan kepada pemerintah.

“Gaikindo masih melakukan finalisasi. Kami menunggu kajian mereka untuk menentukan apa yang spesifik untuk dikembangkan lebih lanjut,” ujarnya.

Selama ini mayoritas pabrikan yang beroperasi di dalam negeri hanya memaksimalkan produksi kendaraan segmen MPV. Sementara untuk segmen lain seperti sedan, crossover, maupun sport utility vehicle (SUV) masih sangat minim.

Menurut data Gaikindo, ekspor kendaraan utuh atau completely built-up (CBU) pada tahun lalu mencapai 207.691 unit, mobil terurai atau completely knocked down (CKD) 108.770 unit, serta ekspor komponen 4,68 juta. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here