Produsen Mobil China Masuk Indonesia, Ini Tanggapan Mitsubishi

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kehadiran produsen mobil asal China yang bakal berkecimpung di Indonesia mendapat tanggapan cukup beragam dari kalangan pelaku industri otomotif.

Salah satunya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku agen merek pemegang (APM) kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

Menurut pabrikan mobil berlambang tiga berlian ini, hadirnya pemain baru akan menambah maraknya persaingan industri otomotif nasional.

“Secara pribadi saya melihat mereka masih perlu waktu untuk bisa produknya diterima di pasaran. Pastinya nanti ada yang beli cuma perlu waktu untuk itu. Yang jelas utamanya butuh branding dan juga brand image,” ujar Irwan Kuncoro, Operating General Manager MMC Marketing Division PT KTB, di Jakarta, belum lama ini.

Sementara hal senada juga diungkap Imam Choeru Cahya, Group of Head MMC Sales Group, PT KTB, yang mengatakan bahwa butuh waktu yang tidak singkat bagi sebuah merek mobil dalam melebarkan jaringan serta menyiapkan layanan purna jualnya.

“Jaringan dan after sales ini perlu waktu. Untuk mencapai kesuksesan harus ada hal-hal itu tadi,” kata Imam.

Seperti yang diberitakan pabrikan mobil asal China, Saic GM Wuling Automobile (SGMW) telah menunjukkan niatnya dengan pembangunan pabrik baru yang saat ini sedang berjalan, dan direncanakan beroperasi pada 2017.

Pabrik SGMW tersebut kabarnya akan memproduksi mobil low MPV, sementara Mitsubishi pun kini tengah fokus untuk menggarap pasar mobil penumpang yang rencananya akan meluncurkan model low MPV pada tahun 2017.

“Saya sendiri belum tahu persiapan yang mereka lakukan itu sejauh mana. Setahu saya saat ini mereka sedang bangun pabrik di Delta Mas. Tapi persiapan ke eksternalnya yang kami belum tahu, jadi saya belum bisa menjawab lebih jauh mengenai hal tersebut,” tutup Imam. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here