Toyota Prius 2016 Raih Top Safety Pick Plus

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Berbicara Toyota Prius 2016 kali ini bukan soal keiritan, tapi kehebatan model ini dalam melindungi penumpangnya.

Melalui serangkaian pengujian fitur dan kekuatan struktur bodi untuk menunjang aspek keselamatan, maka Prius model 2016 mendapat gelar Top Safety Pick Plus dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Ini merupakan penilaian tertinggi yang diberikan lembaga tersebut untuk model kendaraan yang memiliki skor rata-rata terbaik dalam berbagai uji tabrak, mulai dari kategori small overlap front, moderate overlap front, uji tabrak samping, kekuatan atap dan uji fitur yang menahan kepala saat terjadi tabrakan, demikian seperti dilansir Autoguide.

Toyota Prius 2016 telah mengalami penguatan struktur bodi sehingga lolos dalam uji tabrak kategori small overlap crash test dengan hasil ‘Baik’. Padahal pada pengujian sebelumnya hanya mengantongi penilaian ‘acceptable’ atau biasa saja.

Kekuatan struktur Prius 2016 itu terbukti dari masuknya panel pintu depan bagian atas di dekat pilar hanya sedalam 2 inci. Begitu juga dengan pedal rem dan parkir. Dengan demikian, mundurnya panel bodi depan ke kabin sejauh 2 inci dinilai berisiko kecil dapat melukai pengemudi.

Untuk peranti pencegah tabrakan dari depan, Prius dapat menghindari tabrakan depan baik pada saat melaju di kecepatan 20 km/jam dan 40 km/jam, yaitu dua uji kecepatan yang dilakukan IIHS. Selain itu, Prius juga dikengkapi dengan fitur forward collision warning system, yang memberikan nilai tambah bagi model hybrid ini dalam hasil pengujian keseluruhan. [yog]

 

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here