Ups…Nyaris Semua Lampu Mobil Kurang Aman

RAJAMOBIL.COM, New York – Selain peranti keselamatan aktif dan pasif, lampu utama juga berperan besar terhadap aspek keselamatan berkendara. Tapi faktanya, mayoritas lampu mobil kurang aman.

Adalah Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) yang merilis hasil pemeringkatan aspek keselamatan lampu utama mobil dari berbagai merek. Menurut Autoguide, daftar peringkat keamanan dari lampu utama itu adalah yang pertama kalinya dilansir IIHS.

Tapi yang membuat miris dari hasil pengujian oleh IIHS, ternyata hanya satu model kendaraan dari sejumlah model yang diuji keamanan lampunya yang berhasil mendapat penilaian ‘Baik’.

Tercatat ada 31 mobil ukuran sedang yang masuk dalam rombongan pertama yang diuji IIHS, dan dalam pengujian itu muncul nama Toyota Prius v yang mendapatkan peringkat tertinggi, yaitu ‘Baik’ (Good).

Sementara yang mendapatkan penilaian ‘Acceptable’ atau dapat diterima adalah Audi A3, Honda Accord, Infiniti Q50, Lexus ES, Lexus IS, Mazda6, Nissan Maxima, Subaru Outback (produksi setelah November 2015), Volkswagen CC, Volkswagen Jetta dan Volvo S60.

Sementara ada sembilan model yang mendapatkan peringkat ‘Marginal’ alias rendah atau kurang, meliputi Acura TLX, Audi A4, BMW 2 Series, BMW 3 Series, Chrysler 200, Ford Fusion, Lincoln MKZ, Subaru Legacy dan Toyota Camry.

Untuk model-model kendaraan yang mencatat penilaian terburuk adalah Buick Verano, Cadillac ATS, Chevrolet Malibu, Chevrolet Malibu Limited, Hyundai Sonata, Kia Optima, Mercedes-Benz C-Class, Mercedes-Benz CLA, Nissan Altima dan Volkswagen Passat.

Terkait dengan metode pengujian lampu utama, menurut IIHS, mobil yang diuji dibawa ke sirkuit pengujian dan dilihat pancaran lampunya dari berbagai sudut, mulai dari sisi kiri, kanan, bertahap dari kiri ke kanan dan sebaliknya, serta dari arah depan. IIHS kemudian mengukur tingkat kesilauan pancaran sinar lampu, dan penilaian berbeda untuk lampu jauh dan dekat.

Titik berat penilaian diarahkan pada lampu dekat, karena lampu ini yang paling banyak digunakan selama berkendara pada malam hari. Penilaian lebih akan diberikan pada mobil yang sudah dilengkapi teknologi keselamatan seperti high-beam assist technology. Teknologi ini akan secara otomatis mengubah lampu jauh dan dekat bergantian disesuaikan dengan kondisi lingkungan. [yog]

 

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here