Asyik, Waze Bakal Punya Fitur Pembatas Kecepatan

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Ada kabar gembira bagi Anda para pengguna Waze, karena bakal ada fitur baru pada aplikasi ini. Selain mampu mengendus kemacetan, para pengemudi mobil yang menggunakan aplikasi navigasi ini juga akan dapat memantau kecepatan mobil. Hal itu berkat keberadaan fitur peringatan batas kecepatan.

Gagasan ini jelas sangat bermanfaat bagi para pengemudi yang kerap terlena memacu kendaraan melebihi kecepatan yang diiizinkan di sebuah kawasan tertentu, tak terkecuali di jalan tol. Terlebih saat ini aparat kepolisian makin getol memantau kecepatan kendaraan di jalan tol yang melebihi batas yang telah ditetapkan.

Seperti dilansir Autoevolution, pengguna Waze dapat menyesuaikan tanda peringatan bila mobil telah melebihi kecepatan, atau bisa juga memilih kelebihan kecepatan sebesar 5%, 10% atau 15%.  Persentase ini bukan acak, karena di beberapa negara masih memberikan toleransi kelebihan kecepatan tertentu, sehingga pengemudi masih bisa lolos dari tilang.

Untuk memanfaatkan fitur anyar ini, pengguna harus mengaktifkan GPS pada smartphone atau tablet dan membutuhkan koneksi Internet. Namun demikian, belum semua negara dapat mengakses fitur pembatas kecepatan ini.

Pada tahap pertama, negara-negara yang bisa mengakses fitur ini adalah Austria, Belgia, Brazil, Kolombia, Republik Ceko, El Salvador, Prancis, Hungaria, Italia, Latvia, Liechtenstein, Belanda, Selandia Baru, Swedia, Swiss, Trinidad, Tobago, dan Uruguay.

Tapi tenang, karena sejumlah negara lain juga akan kebagian fitur ini dalam waktu tak terlalu lama, dan semoga saja Indonesia termasuk di dalamnya. Nah, jika fitur anyar ini sudah tersedia di Tanah Air, bagi Anda yang ingin memanfaatkannya, tulis ##@debugspeed pada pencarian alamat, dan fungsi pembatas kecepatan ini akan diaktifkan.

Dari sini, fungsi Speed Limit akan tampil di menu Settings. Namun demikian, pembatas kecepatan hanya akan tampil di area yang dicakup oleh Map Editors. Jika tidak, maka sistem bakal sulit mengindikasikan batas kecepatan yang benar pada layar smartphone atau tablet Anda. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here