Harga BBM Turun, Penjualan Mobil LCGC Bakal Ngebut

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Tak hanya masyarakat yang gembira dengan turunnya harga bahan bakar minyak, produsen mobil murah juga bakal ketiban rezeki.

Optimisme itu diungkapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang menyatakan bahwa keputusan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak akan berdampak positif bagi penjualan mobil, khususnya mobil hemat bahan bakar atau low cost and green car (LCGC).

“Menurunnya harga BBM merupakan kabar baik bagi pelaku usaha di sektor otromotif. Selain harga bahan bakar, produk domestik bruto (PDB) dan suku bunga adalah faktor penting bagi industri otomotif,” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, di Jakarta.

Dengan demikian, katanya, meski penjualan LCGC akan naik, kenaikannya masih berada di bawah penjualan mobil low multi purpose vehicle (low MPV).

“Permintaan produk low MPV masih di atas permintaan produk LCGC,” papar dia.

Sebelumnya pemerintah mulai menurunkan harga BBM Jumat (1/4). Untuk harga bahan bakar jenis premium diturunkan Rp500 per liter menjadi Rp6.450 per liter. Begitu juga dengan solar diturunkan Rp500 menjadi Rp5.150 per liter.

Tahun lalu, penjualan LCGC tercatat 165.434 unit. Sedangkan penjualan Januari hingga Februari 2016 tercatat 28.160 unit, naik 8,1% ketimbang periode yang sama tahun lalu yang sebesar 26.048 unit. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here