Gaikindo Minta Tax Holiday Sektor Komponen 10 Tahun

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kalangan pelaku bisnis di industri komponen kendaraan bermotor kini menantikan uluran tangan pemerintah berupa insentif pajak guna memperluas cakupan produksi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sendiri telah meminta pemerintah memberikan insentif tax holiday untuk meningkatkan investasi di sektor industri komponen otomotif.

“Kita sudah sampaikan kepada pemerintah sejak akhir tahun lalu dan minta agar investasi di sektor komponen dapat tax holiday 10 tahun,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie. D. Sugiarto, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, jika pemerintah memberikan fasilitas pajak ini, maka investor akan bergairah dan akan memperluas cakupan produksinya.

“Efeknya, industri otomotif tidak lagi kekurangan bahan baku,” ungkap Yongkie.

Sementara menurut Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM), Hadi Suryadipraja, mengatakan selama ini sebagian pelaku industri komponen telah mendapatkan fasilitas tax allowance.

“Dalam praktik di lapangan, tidak seluruh pelaku industri mendapatkan kemudahan tersebut, karena pendataan yang dilakukan oleh pemerintah tidak sinkron dengan aturan yang ada,” ujarnya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here