Toyota C-HR Bikin Nissan Juke dan Honda HR-V Was-was, Ini Alasannya

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Meski datangnya agak terlambat di segmen crossover kompak ketimbang Nissan Juke dan Honda HR-V, tapiToyota yakin bisa bersaing.

Toyota C-HR diharapkan dapat menggendong tiga pilihan mesin. Opsi pertama adalah mesin 1.8-literhybrid mirip milik New Prius, yang bertenaga 122 Hp dan efisiensi termal maksimum sebesar 40%. Untuk emisi karbondioksida dipatok di angka 90 gram per kilometer.

Untuk opsi kedua adalah mesin empat silinder 8NR-FTS 1.2-liter turbo bertenaga 115 Hp, yang disalurkan melalui girboks manual 6 percepatan atau CVT. Transmisi CVT ini tersedia untuk C-HR versi penggerak roda dua atau empat roda. Sedangkan pilihan mesin ketiga adalah mesin 2-liter CVT bertenaga 147 Hp.

Hal itulah yang membuat Toyota begitu yakin C-HR dapat menyaingi atau bahkan melibas kedua rivalnya itu, demikian dituturkan seorang analis otomotif seperti dilansir Marshable.

Keyakinan lainnya C-HR dapat mengalahkan Juke dan HR-V adalah dimensi ruang kabin dan wheelbase. Dengan ukuran panjang 171,26 inci, lebar 70,67 inci dan tinggi 61,02 inci, sertawheelbase 103,94 inci, maka C-HR lebih unggul ketimbang Honda HR-V, yakni lebih panjang 2,2 inci, lebih lebar 0,91 inci dan lebih rendah 2,16 inci. Sedangkan wheelbase CH-R lebih panjang 1,18 inci daripada HR-V. Untuk Nissan Juke memiliki panjang 162,79 inci, lebar 69,49 inci, dan wheelbase61,61 inci. Ini membuat C-HR lebih besar dan sedikit lebih pendek ketimbang Juke.

Dari sisi tenaga mesin, C-HR bermesin 2-liter memiliki tenaga 147 HP, sehingga kalah dibandingkan dengan Juke, yang memiliki kisaran tenaga 188 hingga 215 Hp. Tapi C-HR lebih unggul dari Honda HR-V, yang bertenaga 141 Hp.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Untuk yang satu ini, Toyota C-HR yang menggendong mesin 1.8-liter hybrid jelas dapat melibas lawan-lawannya. Dengan mesin yang sama dengan milik Toyota Prius hybrid 2016, maka konsumsi BBM C-HR adalah 22,95 km/liter, dibandingkan dengan 11,9 km/liter milik Nissan Juke dan Honda HR-V untuk kondisi pengemudian di dalam kota.

Belum lagi keyakinan konsumen Amerika selama ini terhadap merek Toyota yang dinilai mereka selalu memiliki mobil dengan tingkat reliabilitas atau kehandalan yang tinggi, tampaknya Toyota C-HR akan lebih diminati. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here