Akibat 2 Masalah Berbeda, Honda Recall Lagi Jazz dan HR-V

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Sebagai model paling laris di banyak negara bukan jaminan bagi HondaFit (Jazz) dan Vezel (HR-V) terbebas dari masalah teknis. Imbasnya, kedua model ini terkena pernarikan kembali untuk perbaikan atau recall.

Belum lepas dari masalah airbag buatan Takata yang membuat jutaan mobil Honda harus di-recall,Fit dan Vezel kian menambah panjang daftar model kendaraan berlogo ‘H’ itu yang harus masuk bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Menurut keterangan tertulis dari Kementerian Transportasi Jepang dan pernyataan tertulis dari Honda, seperti dikutip Autoevolution, recallterhadap Fit dan Vezel karena ada dua masalah yang berbeda.

Rombongan pertama untuk dua recall itu menyasar untuk 164.388 unit kendaraan. Untuk Fit adalah produk yang dirakit mulai dari 2 Agustus 2013 hingga 17 Agustus 2015, sedangkan Vezel adalah rakitan 10 Desember 2013 hingga 13 Februari 2016.

Penarikan kembali untuk perbaikan terpaksa dilakukan setelah ada laporan kebakaran, yang ditengarai api berasal dari sistem start & stop. Kemungkinannya adalah sistem tersebut kelebihan beban daya listrik, yang memicu panas berlebih atau terjadi arus pendek listrik, sehingga memicu kebakaran.

Untuk rombongan penarikan kedua mencakup 118.715 unit Fit, yang masalahnya terletak pada modul kontrol electric power steering (EPS). Dalam situasi tertentu, EPS memang dapat memudahkan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan. Tapi adanya masalah pada sistem tersebut telah memicu terjadinya kecelakaan. Untuk kasus ini, Honda menerima dua laporan tabrakan akibat masalah pada EPS.

Penarikan kembali untuk perbaikan ini adalah yang keenam yang melibatkan Fit dalam tiga tahun terakhir. Pertama terjadi pada Oktober 2013, ketika Honda menarik 4.883 unit Fit karena masalah pada transmisi otomatis dan modul kontrol. Dan pada Desember 2013, Honda melanjutkan programrecall itu terhadap 36.100 unit Fit.

Kemudian pada Februari 2014, Honda kembali melakukan penarikan untuk perbaikan untuk Fit dan Vezel akibat masalah pada engine control unit. Pada Juli 2014, Honda kembali me-recall Fit dan Vezel, yang mencapai 175.356 unit, dengan masalah yang sama. Setelah itu, Honda menarik kembali 321.501 unit Fit dan Vezel akibat masalah pada koil pengapian mesin dan power supply circuit pada Oktober 2014. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here