Penjualan Mobil Kuartal I Cenderung Stagnan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Meski perekonomian nasional cenderung membaik memasuki kuartal I tahun ini, tapi daya beli masyarakat belum sepenuhnya pulih. Bagaimana dengan penjualan mobil?

Untuk penjualan mobil selama tiga bulan pertama tahun ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan menurun tipis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 282.344 unit.

“Prediksi itu seiring dengan kinerja Maret yang diprediksi tetap stagnan. Bahkan kami mematok capaian penjualan bulan ketiga tahun ini di rentang 88.000 unit sampai 89.000 unit,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta.

Menurut Yongkie dengan pencapaian pada Maret yang hanya mengulang capaian bulan sebelumnya, maka kinerja total pada kuartal pertama tahun ini dipastikan menurun dibandingkan tahun lalu.

“Dengan menyimak raihan penjualan tahun lalu, setidaknya penurunan penjualan minimal sekitar 7,01%. Sebab pada Januari dan Februari tahun ini, penjualan roda empat di dalam negeri hanya 173.252 unit, kalau Maret bisa maksimal sekitar 89.000 unit, masih agak rendah dibandingkan tahun lalu,” papar dia.

Melalui penjualan tersebut, maka kuartal pertama 2016 merupakan yang terendah sejak tiga tahun belakangan. Seiring dengan torehan penjualan pada kuartal I 2013 yang mencapai 296.005 unit, dan pada 2014 sekitar 328.500 unit. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here