Mesin Diesel BlueTEC Mercedes Digugat

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Gugatan hukum telah diajukan terhadap Mercedes-Benz karena dituding mengelabui soal fitur BlueTEC pada mesin dieselnya.

Langkah hukum itu diambil oleh firma hukum Hagens Berman di AS mewakili kliennya karena menilai mesin diesel BlueTEC racikan pabrikan mobil Jerman itu menghasilkan emisi nitrogen oksida lebih besar ketimbang angka yang diklaim dalam spesifikasinya.

“Faktanya adalah bahwa Mercedes lolos dalam berbagai pengujian dengan dynamometer, tapi tidak demikian saat ddilakukan pengujian riil di lapangan. Hal ini seperti apa yang telah dilakukan oleh VW, yaitu Mercedes menggunakan alat untuk mengelabui hasil tes,” tutur Hagens Berman seperti dikutip Automotive News.

Daimler, pemilik Mercedes-Benz, dengan tegas membantah tuduhan tersebut. “Kami menilai gugatan class action ini tak berdasar. Posisi kami tetap tak berubah, yaitu komponen yang dapat mengatur angka emisi tak sesuai fakta tak akan dipakai pada kendaraan Mercedes-Benz,” kata raksasa otomotif Jerman itu.

EPA, lembaga yang mengawasi dan mengatur regulasi mengenai emisi mesin kendaraan bermotor di AS, mengatakan pihaknya sudah meminta keterangan dari Daimler terkait gugatan hukum itu, namun mereka belum melakukan penyelidikan resmi. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here