Hebat, Suzuki Swift Sudah Diproduksi 5 Juta Unit

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Hatchback Swift merupakan salah satu model andalan Suzuki untuk menyapa dunia. Selama 11 tahun eksistensinya, Swift telah diproduksi sebanyak 5 juta unit.

Pencapaian sebanyak 5 juta unit terhitung sejak 11 tahun hingga awal April tahun ini, dan diproduksi di sejumlah pabrik Suzuki di India dan Jepang. Untuk wilayah pemasarannya mencakup 140 negara di dunia.

Menurut Suzuki, seperti dilansir Autoevolution, dari jumlah 5 juta unit itu, India menjadi pasar penyerap terbesar, yakni 54 persen. Posisi kedua adalah Eropa yang menyerap sebanyak 17 persen, diikuti Jepang sebesar 10 persen dan pasar lainnya menyumbang 19 persen.

Untuk model yang dipasarkan di India diproduksi secara lokal dan diberi nama Maruti Swift dan Maruti Swift Dzire, yang merupakan varian sedan.

Adapun sejarah Swift sendiri telah melalui beberapa tahapan sejak dibuat sebagai kendaraan konsep hingga versi produksi. Konsep yang terinspirasi mobil reli diberi nama Concept S dan dipajang di Paris Motor Show 2002 dan menjelma menjadi Concept Swift dua tahun kemudian.

Di India, Maruti merilis model ini pada Mei 2005 yang dibekali mesin 1.3 liter, disusul kemudian dengan varian bermesin 1.3-liter MultiJet lansiran Fiat pada 2007. Penjualan Swift di Negeri sari ini melonjak pada Mei 2013, dan sudah terjual sebanyak 1 juta unit. Dan saat ini penjualannya telah menyentuh angka 2,7 juta unit, menjadikan model ini sebagai yang tersukses di kelasnya.

Kabarnya Suzuki sekarang sedang sibuk menyiapkan Swift generasi anyar, yang digadang-gadang memiliki bodi lebih panjang dan dibekali sistem penggerak empat roda. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here