Buntut Skandal Emisi, Bonus Manajemen VW Dipangkas

RAJAMOBIL.COM, Wolfsburg – Volkswagen memutuskan untuk memangkas bonus para petinggi perusahaan menyusul skandal emisi yang memalukan.

Pemotongan itu akan diberlakukan untuk bonus 2015 dan akan menyasar jajaran dewan manajemen Volkswagen, termasuk CEO, demikian pernyataan Volkswagen seperti dilansir Automotive News.

Dewan pengawas, yang terdiri atas beberapa anghota dewan direksi, tak termasuk mereka yang mengalami pemotongan bonus, kecuali Chairman Hans Dieter Poetch, karena dia pernah menjabat sebagai CFO hingga akhir tahun lalu. Namun Poetch meminta bonusnya juga dipangkas.

Pada 2014, sembilan eksekutif puncak Volkswagen meraih pendapatan sekitar US$80 juta, yang kebanyakan berasal dari bonus.

Volkswagen telah mengakui memasang peranti lunak untuk mempengaruhi hasil pengujian emisi pada lebih dari 11 juta kendaraan, dan 600.000 unit di antaranya dipasarkan di AS.

Seluruh kendaraan yang dilengkapi peranti untuk mengelabui hasil pengujian emisi itu harus diperbaiki. Namun hingga kini raksasa otomotif Eropa itu belum menentukan langkah untuk melakukan perbaikan.

“Dewan pengawas dan dewan manajemen sudah sama-sama setuju bahwa situasi yang ada sekarang harus disikapi dengan perubahan remunerasi dewan manajemen,” kata Volkswagen dalam pernyataannya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here