Otomotif RI Bakal Jadi Salah Satu Terbesar di Asia

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Hanya peningkatan investasi di berbagai sektor pendukung industri otomotif yang mampu menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan di Asia.

Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan optimismenya bahwa Indonesia bisa menjadi salah satu kekuatan otomotif terbesar di Asia.

“Indonesia bisa menjadi kekuatan otomotif terbesar di Asia jika pemerintah mampu mengakomodasi dari sisi regulasi agar minat investasi di sektor padat karya dan padat modal tersebut bisa semakin tinggi,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta, baru-baru ini

Dari sisi penjualan, ungkap Yongkie, Indonesia memang sudah menjadi raja di Asean. Hanya, boleh dibilang Indonesia masih jago kandang.

“Mayoritas produksi masih dijual di dalam negeri. Yang masih kurang di kita adalah ekspornya,” papar dia.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pasar otomotif secara rata-rata tumbuh 6% hingga 7% per tahun. Tahun lalu penjualan mobil nasional mencapai 1,013 juta unit.

“Meski berkurang bila dibandingkan dengan realisasi 2014 yang sebesar 1,2 juta unit, angka itu masih tertinggi di Asean atau mengalahkan Thailand. Hanya, dari sisi produksi, Indonesia masih kalah oleh Thailand yang memproduksi lebih dari 2 juta unit secara rata-rata per tahun,” ujar Saleh.

Penyebab utamanya adalah industri komponen di dalam negeri masih terbilang kecil. Indonesia hanya punya sekitar 1.000 industri komponen.

Saat ini, Thailand sudah punya hampir 3.000. Padahal, industri komponen memegang peran penting dalam pertumbuhan industri otomotif.

“Pemerintah meminta prinsipal produsen otomotif, baik Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, maupun Amerika Serikat (AS), masuk untuk membangun industri komponen. Pemerintah, bakal memberikan peluang besar bagi industri komponen untuk masuk ke Tanah Air,” ucapnya. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here