Ternyata Software di Skandal VW Buatan Audi

RAJAMOBIL.COM, Ingolstadt – Kabar terbaru menguak fakta bahwa peranti lunak yang dipakai Volkswagen untuk mengelabui angka emisi mesin diesel ternyata buatan Audi.

Lucunya, meski Audi yang menciptakan peranti lunak untuk mengatur angka emisi agar lolos uji emisi itu, tapi merek berlogo empat cincin ini justru tak menggunakannya pada kendaraannya yang dibekali mesin diesel.

Menurut laporan suratkabar Jerman, Handelsblatt,Audi mengembangkan software yang mampu mematikan beberapa fungsi mesin tertentu itu pada 1999. Masih dalam laporan yang mengutip sejumlah sumber di Audi dan industri otomotif itu, bahwa para insinyur Volkswagen mulai memasang software itu enam tahun kemudian menyusul kegagalan mereka dalam memenuhi angka emisi nitrogen oksida di bawah level yang ditentukan.

Sejauh ini, baik Volkswagen maupun Audi menolak mengomentari laporan suratkabar tersebut.

Dalam berita terkait, para penyelidik internal Volkswagen telah mengumpulkan sejumlah data penting terkait dengan skandal dieselgate. Data itu didapat dari sekitar 1.500 laptop dan perangkat lainnya. Data penting itu dikumpulkan sebagai upaya untuk menguak bagaimana kasus itu bermula, karena sejauh ini tim penyelidik masih memeriksa sekitar 20 karyawan yang diduga kuat mengetahui banyak tentang skandal memalukan itu.

Tercatat sekitar 450 penyelidik internal dan eksternal diterjunkan untuk mengungkap kasus tersebut, demikian seperti dilansir Bloomberg. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here