Kiprah Sedan Tergantung Roadmap Mobil Penumpang

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pengembangan segmen sedan sejauh ini sulit dilakukan karena berbagai faktor yang tidak mendukung, salah satunya penerapan tarif pajak yang tinggi.

Untuk itu, pemerintah harus segera merampungkan peta jalan atau roadmap mobil penumpang yang saat ini tengah disusun, sehingga pengembangan kendaraan jenis ini tidak hanya pada segmen MPV.

“Mahalnya harga akibat tarif pajak yang tinggi, menjadi hambatan pengembangan sedan di dalam negeri, sehingga berakibat minimnya produksi untuk produk tersebut,” kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta.

Sedangkan Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, mengatakan saat ini peta jalan tersebut masih dalam tahap kajian dengan pelaku usaha.

“Kami sedang melakukan kajian untuk sedan ini, ke depan bagaimana solusinya karena 70% produksi kendaraan adalah segmen penumpang. Kalau soal pajak ada di Kementerian Keuangan,” papar dia.

Kementerian Perindustrian sejauh ini tidak bisa berbuat banyak terkait dengan permintaan penurunan pajak penjualan atas barang mewah untuk sedan.

Sementara Kementerian Keuangan masih enggan untuk menurunkan pajak tersebut dari 30% menjadi 10%. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?