Tesla Klaim Fitur Autopilot Cegah Tabrakan 50%

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Selain memiliki teknologi listrik mumpuni, mobil Tesla juga disematkan teknologi keselamatan terkini yang mampu menghindarkan kendaraan dari kemungkinan kecelakaan.

Teknologi atau fitur teranyar pada mobil Tesla itu adalah Autopilot, yaitu teknologi semi otonom yang dapat membantu memudahkan tugas pengemudi dalam mengendari kendaraan mereka. Bahkan bos Tesla, Elon Musk, jemawa bahwa teknologi Autopilot ini dapat menekan kemungkinan terjadinya kecelakaan hingga 50 persen.

Dengan teknologi semi otonom itu, kata Musk, pengemudi Tesla dapat menyerahkan tugas mengemudi kepada sistem, terutama saat melaju di jalan bebas hambatan.

“Kemungkinan mengalami kecelakaan akan turun hingga 50 persen jika Anda mengaktifkan fitur Autopilot,” ungkap Musk seperti dilansir Electrek. Komentar Musk itu disampaikan ketika berada di Norwegia saat berjumpa dengan Menteri Transportasi dan Komunikasi Norwegia, Ketil Solvik-Olsen.

Saat ini sejumlah negara belum mengizinkan peredaran mobil dengan sistem otonom penuh, karena pihak regulator masih menggodok sejumlah aturan seraya menyiapkan infrastrukturnya.

Musk yakin data yang menunjukkan bagaimana teknologi semi otonom dapat mencegah kecelakaan, dapat menjadi bukti penting agar mobil otonom dapat segera disetujui meluncur di jalan umum.

“Saya pikir akan sangat penting dalam hal memuaskan pihak regulator dan publik untuk menunjukkan data-data terkait pengujian teknologi semi otonom, berikut dengan pengujian di jalan raya sejauh jutaan kilometer. Dengan begitu akan tergambar bahwa teknologi ini sudah jauh lebih baik, terutama jika dibandingkan antara otonom dengan semi otonom,” katanya menambahkan.

Pabrikan mobil listrik asal Amerika ini telah mengonfirmasi bahwa sejumlah pemilik Tesla telah mengemudi sejauh lebih dari 47 juta mil menggunakan teknologi Autopilot sejak fitur ini diperkenalkan pada Oktober tahun lalu. Musk menargetkan teknologi otonom penuh untuk mobil Tesla akan tersedia dalam dua tahun mendatang, meski masih harus menunggu kesediaan regulator untuk mengizinkan mobil ini melaju di jalan umum. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here