Ini Bukti Sektor Otomotif Indonesia Diminati Asing

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Meski masih berstatus sebagai runner-up di bawah Thailand, tapi sektor otomotif Indonesia menjadi incaran investor asing. Mau bukti?

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan buktinya dengan menyebutkan bahwa tren positif investasi asing yang mengalir ke sektor otomotif masih bertumbuh hingga akhir tahun.

“Beberapa produsen mobil seperti Mitsubishi, masih melakukan perampungan pembangunan pabrik. Selain itu, banyak industri suku cadang asal luar negeri yang berkeinginan jadi pemain di kancah domestik,” kata Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, Jakarta, Jumat (29/4).

Menurut Azhar, beberapa produsen mobil masih melakukan perampungan pembangunan pabrik, sementara raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota, sudah lebih dulu meresmikan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi model anyar Toyota Sienta dan beberapa model lainnya.

Selain yang sudah lebih dulu berkecimpung di industri suku cadang otomotif, ada beberapa produsen asing yang berminat untuk menanamkan investasi baru dan berkeinginan jadi pemain di pasar domestik, papar dia.

Dari data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi selama triwulan pertama tahun ini diserap 164 proyek pembangunan. Dengan total proyek tersebut, sebanyak 20.562 tenaga kerja tergarap.

Pada kuartal pertama tahun ini, terdapat komitmen investasi yang telah dicetuskan salah satu perusahaan komponen asal Taiwan dengan nilai investasi mencapai Rp650 miliar. [yog]

 

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here