Airbag Bermasalah, Nissan Recall 3,5 Juta kendaraan

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Nissan mengumumkan akan menarik kembali untuk perbaikan (recall) sekitar 3,53 juta kendaraan karena airbag bermasalah. Menurut catatan Autoguide, ini merupakan recall keempat yang dilakukan Nissan sejak 2013 untuk mengatasi masalah pada sistem pengaman pada penumpang depan.

Nissan mengatakan sabuk pengaman penumpang depan kerap gagal mengklasifikasikan antara penumpang dewasa dan anak-anak atau dalam keadaan kosong. Jika sistem mengklasifikasi penumpang depan itu anak-anak atau kosong, maka airbag tidak akan mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Sejauh ini pihak Nissan sudah mendapatkan laporan mengenai tiga orang cedera akibat masalah tersebut. Namun demikian tidak sampai jatuh korban jiwa.

Adapun program recall terbaru ini menyasar kendaraan model 2013-2017, meliputi Nissan Altima, Leaf, Maxima, Murano, Pathfinder, Sentra, Rogue, NV200, NV Taxi, Infiniti JX35, QX60, dan Q50. Termasuk di antaranya kendaraan yang dipasok Nissan untuk General Motors, yaitu ChevroletCity Express model 2013-2017.

Tercatat hampir 3,2 juta kendaraan yang terkena recall itu beredar di AS. Untuk rencana perbaikan akan berbeda untuk masing-masing model, kata juru bicara Nissan Amerika, David Reuter.  Jenis perbaikan mencakup pemrograman ulang pada software untuk beberapa model kendaraan, selain juga penggantian peranti keras untuk model lainnya.

Sekitar 20 persen kendaraan yang berada di AS akan dilakukan perbaikan pada peranti kerasnya. Nissan juga menyebutkan bahwa tercatat 622.110 unit sedan Sentra juga termasuk dalam program recall kedua akibat masalah pada braket sabuk pengaman penumpang depan. Bagaimana dengan kendaraan lansiran Nissan Motor Indonesia?. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here