Berkat SUV, General Motors Tempati Posisi Ketiga Besar Dunia

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – General Motors (GM) melaporkan hasil penjualan pada kuartal pertama tahun 2016 secara global. Tercatat, produsen mobil asal Amerika Serikat tersebut mampu menjual 2,36 juta kendaraan di seluruh dunia.

Kontribusi penjualan model SUV menjadi landasan kuat bagi penjualan GM terutama di wilayah China dan Amerika Serikat.

“Kualitas penjualan global GM pada segmen dan pasar-pasar kunci pada kuartal pertama sejalan dengan upaya kami untuk terus mempertahankan pertumbuhan yang menguntungkan,” kata Presiden GM Dan Ammann dalam keterangan tertulis pada Rajamobil.com.

Amman menjelaskan, di China GM terus mencoba kembangkan mobil model SUV serta perluasan segmen merek mobil mewahnya, Cadillac.

Sementara untuk pasar AS, Amman menyatakan, fokus pada pendekaatan disiplin kami untuk peningkatan penjualan ritel dan sewa kendaraan yang lebih rendah telah menghasilkan transaksi yang lebih menguntungkan.

Meski meraup hasil yang terbilang bagus, namun GM mengakui bila penjualan tersebut turun 2,5 persen ketimbang tahun 2015. Hal tersebut karena kondisi pasar yang terus memberikan tantangan di beberapa bagian di Amerika Selatan dan Asia serta pelemahan pada kendaraan mini-komersial di Tiongkok.

Di Tiongkok, GM dan perusahaan patungan di bawahnya mendistribusikan 964.000 unit kendaraan di kuartal pertama, dan ini sebuah peningkatan sebesar 0,2 persen.

Total penjualan SUV GM di negara tersebut diklaim naik 148 persen, yang dihasilkan dari kesuksesan penjualan model Buick Envision dan Baojun 560. Penjualan Cadillac di Tiongkok juga naik 6.1 persen.

Penjualan di Amerika Utara meningkat 1.2 persen menjadi 800,000 kendaraan. Di AS, GM terus meningkatkan  saham ritel, lebih cepat dibandingkan produsen mobil lainnya dengan  kenaikan 7 persen, atau 537,000 kendaraan.

Sementara di Indonesia, dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) merek Chevrolet yang berada di bawah naungan General Motors Indonesia baru mampu menjual 517 unit. Mobil terbaru mereka, yaitu Chevrolet Trax menjadi varian terlaris di Indonesia.

Dengan total penjualan itu, GM menempati posisi ketiga sebagai produsen mobil terlaris di dunia. Posisi pertama di tempati Volkswagen dengan penjualan mencapai 2,5 juta unit dan Toyota di posisi dua dengan 2,46 juta unit. [yog]

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here