Ini Saran Gaikindo Untuk Pacu Industri Otomotif

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Untuk meningkatkan pertumbuhan industri otomotif, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) punya saran untuk pemerintah.

Gaikindo menegaskan bahwa butuh dukungan pemerintah dan pembenahan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

“Ada beberapa faktor yang dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air, seperti peningkatan ekspor mobil ke sejumlah negara, mengembangkan industri pendukung atau suku cadang, dan mempromosikan tax holiday sebagai insentif untuk merangsang produksi sedan,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, di Jakarta.

Menurut Nangoi, faktor lainnya adalah pembenahan infrastruktur, terutama akses ekspor dan impor di jalan raya dan pelabuhan, serta road map yang tegas dari standar Emisi Euro2 menuju pelaksanaan Emisi Euro4.

“Kita harap pada 2018 mobil-mobil baru sudah memenuhi standar Euro4. Lalu, pada 2020, mobil yang keluar sebelumnya sudah di-upgrade, sehingga memenuhi standar Euro4,” papar dia.

Dia juga menambahkan, banyak hal yang harus dipersiapkan, sehingga ketika agen pemegang merek (APM) memasukkan mobil berstandar Euro4 maka infrastruktur penunjangnya sudah siap. Bila dipaksakan mobil yang sudah standar Euro4 dimasukkan ke Indonesia, dikhawatirkan bahan bakar minyak yang disediakan belum memenuhi kualitas Euro4.

“Komitmen kami adalah mendorong kemajuan industri otomotif Tanah Air dan salah satu target kami adalah meningkatkan ekspor mobil agar bisa melampaui Thailand dalam dua sampai tiga tahun ke depan,” papar Nangoi. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here