Jeep Wrangler Bakal Adopsi Teknologi Turbo?

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Jeep mempertimbangkan untuk melahirkan beberapa opsi mesin baru untuk Wrangler generasi anyar, mulai dari mesin bensin V-6, plug-in-hybrid dan diesel.

Tapi tampaknya akan ada kejutan yang akan diberikan oleh Fiat Chrysler dari apa yang sedang dikembangkan saat ini, yaitu mesin turbocharged empat silinder. Dalam foto yang tersebar di dunia maya, tampak sebuah Wrangler dengan sedikit kamuflase diperkirakan tengah diuji untuk mesin berteknologi turbo.

Sejumlah orang dalam Chrysler tak banyak mengungkap fakta kepada Automotive News terkait dengan spekulasi tersebut, meski rumor yang merebak saat ini adalah mesin anyar tersebut memiliki nama “Hurricane.”

Bagi para penggemar Jeep mungkin sudah tak asing dengan nama Hurricane, karena mesin dengan nama itu pernah dicangkokkan pada Willys, yang juga digendong beberapa model Jeep CJ generasi awal pada era 1950-an.

Namun demikian, meski memiliki nama untuk mesin generasi lawas, mesin baru FCA Hurricane empat silinder ini benar-benar modern. Dan mengikuti tren industri saat ini yang menggunakan mesin 0,5-liter per silinder, mesin Hurricane empat silinder ini berkapasitas 2.0 liter berbahan aluminium yang dilengkapi twin-scroll turbocharger dan direct fuel injection. Racikan ini dikabarkan mampu menyemburkan tenaga hingga 300 Hp.

Jika benar tengah mengembangkan mesin bernama Hurricane seperti disebut di atas, ada kemungkinan Fiat Chrysler akan menyandingkan mesin turbo dengan girboks matik delapan percepatan, yang dikembangkan atas lisensi dari ZF. Tetapi sejauh ini belum ada komentar dari FCA terkait rumor yang beredar tersebut.

Bagaimana pun juga, spekulasi itu masuk akal. Pasalnya, saat ini sejumlah pabrikan mobil sudah saling berlomba mengembangkan mesin kecil yang didukung dengan teknologi turbo, karena selain lebih irit, juga lebih bertenaga. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here