Ini Alasan Rio Haryanto Finis di Posisi 17 GP Spanyol

RAJAMOBIL.COM, Barcelona – Pada seri ke-5 Formula 1 GP Spanyol, pebalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, harus puas finis di posisi ke-17. Memulai lomba dari posisi ke-22, Rio mengungkapkan seharusnya capaiannya dapat lebih baik di Sirkuit Catalunya.

Pebalap 23 tahun kelahiran Solo tersebut menjelaskan beberapa alasan mengapa ia menorehkan hasil kurang baik dalam balapan GP kali ini.

“Di awal lomba sempat ada insiden dan safety car harus keluar, pada saat itu saya gunakan ban medium lebih lama. Banyak pebalap di depan saya yang menggunakan ban jenis soft,” terang Rio dalam akun media sosial miliknya.

Rio menambahkan, akibat hal tersebut dia kehilangan banyak temperatur ban yang membuat mobilnya berjalan lebih lamban.

“Hal itu membuat saya kesulitan untuk give up dengan pebalap lain saat awal lomba. Tapi selanjutnya juga saya sempat menahan hambatan dan membuat saya kembali kehilangan banyak waktu. Selanjutnya saya merubah ban menggunakan soft dan di situ saya bisa menghasilkan waktu yang cukup bagus,” paparnya.

Meski begitu, Rio senang karena bisa mencapai garis finish di seri kelima Formula 1 musim 2016 tersebut. Pasalnya, pada seri-seri sebelumnya Rio mengalami beberapa masalah hingga terlibat dalam kecelakaan.

Saat balapan pembuka F1 2016 di GP Australia, Rio gagal mencapai finish karena mengalami kecelakaan. Pada seri ke-2 di Bahrain, Rio harus puas menempati posisi ke-17. Selanjutnya di China Rio menyelesaikan lomba di urutan ke-21.

Kemudian sebelumnya di seri GP Rusia, mobil yang dikendarai Rio pun mengalami insiden tabrakkan dan membuatnya tidak dapat melanjutkan perlombaan sejak lap pertama. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here