Mengupas Spesifikasi BMW X7 dari Berbagai Sisi

RAJAMOBIL.COM, Munich – Segmen SUV tak pelak menjadi pasar terseksi saat ini, tak terkecuali untuk SUV mewah yang diramaikan pabrikan Eropa. Salah satu yang menarik untuk disimak adalah BMW X7.
Bagi sebagian besar kita mungkin masih asing dengan nama X7, karena memang model ini belum diluncurkan. Tapi yang jelas, raksasa otomotif asal Negeri Bavaria ini siap meramaikan persaingan di segmen SUV mewah.
Berdasarkan spesifikasi yang dilansir Car And Driver, BMW X7 adalah SUV berukuran besar dengan mengadopsi konfigurasi tiga baris tempat duduk, sehingga sangat nyaman untuk menampung tujuh orang dewasa.
Meski BMW terkesan terlambat bermain di segmen SUV besar, karena pabrikan mobil berlogo jantung ini belakangan masih sibuk membangun subbrand ‘i’, yaitu i3 dan i8, tapi BMW sadar bahwa mereka harus mengikuti tren pasar agar tak tergilas zaman.
Mantan CEO BMW, Norbert Reithofer, pernah mengungkapkan keyakinannya bahwa SUV besar akan memberikan keuntungan besar bagi BMW. Hal itu sudah terbukti dengan sumbangan penjualan cukup signifikan dari adik-adik X7, seperti X5, X3 dan X1. Seperti X5, X7 juga akan dirakit di Carolina Selatan untuk yang dipasarkan di kawasan Amerika Utara.
Bagaimana dengan platform yang digunakan? Untuk hal ini, BMW akan mendudukkan X7 di atas platform rear-wheel-drive yang juga tersedia untuk sistem four-wheel drive. Terkait teknologi yang akan dibenamkan pada X7, BMW sudah menyiapkan konektivitas terkini nan canggih, selain juga driver-assistance, dan sistem infotainment.
Sebagai SUV, tentunya banyak yang berharap X7 memiliki kemampuan melibas medan off road yang mumpuni. BMW tak menampik keinginan itu. Tapi Anda perlu sadar bahwa X7 bukanlah Jeep yang memang dilahirkan sebagai mobil perambah medan off-road. Tapi jika Anda tak sayang, X7 juga piawai dalam mengarungi medan berat.
Untuk dapur pacunya, BMW akan mencangkokkan beberapa jenis mesin, mulai dari mesin enam silinder sejajar dan mesin bensin V-8, hingga mesin diesel, yang akan dipadukan dengan girboks matik delapan percepatan garapan ZF.
Jika kelak sudah resmi mengaspal, BMW X7 akan berhadapan dengan Audi Q7, Cadillac Escalade, Infiniti QX80, Land Rover Range Rover Sport, Lincoln Navigator, Mercedes-Benz GLS-class, dan Thomas Built Buses Saf-T-Liner C2. BMW X7 diperkirakan meluncur pada awal 2018 dengan estimasi harga mulai dari US$75.000 di pasar Amerika. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here