Ford Siap Bikin ‘Gaduh’ dengan Kehadiran Ranger 2019

Rajamobil
RAJAMOBIL.COM, Detroit – Pasar pick-up medium AS akan diramaikan dengan rencana kedatangan Ford Ranger. Cukup mengejutkan karena model ini memang tak dipasarkan di sana.
Tapi seiring dengan tingginya permintaan terhadap Chevrolet Colorado dan GMC Canyon, tak pelak melecut Ford untuk meladeni kedua rivalnya itu dengan Ranger.
Bukan hanya geregetan dengan geliat kedua rival senegaranya itu, Ford juga terpacu untuk menantang Toyota yang cukup sukses dengan Tacoma, yang terjual sebanyak 180.000 unit pada 2015. Pada tahun yang sama, pick-up sesaudara, Chevy Colorado dan dan GMC Canyon, terjual lebih dari 100.000 unit. Di belahan bumi lain, Ranger bahkan terjual hampir 350.000 pada 1999.
Ford Ranger akan menggunakan konstruksi body-on-frame sama seperti truk pick-up lainnya yang dijual di seluruh dunia. Untuk dapur pacunya, Ranger masih akan mengandalkan mesin diesel 3.2 liter lima silinder, yang notabene adalah satu-satunya mesin yang dicangkokkan pada Ranger di seantero jagat.
Namun ada juga pilihan mesin EcoBoost empat silinder dan juga mesin bensin V-6 yang dipakai pada sejumlah model Ford di AS. Mesin diesel yang dipakai SUV Bronco juga layak dibenamkan ke dalam kap mesin Ranger. Jadi Ford memiliki banyak opsi mesin untuk dipakai Ranger.  Berdasarkan estimasi Car And Driver, Ford Ranger akan hadir di AS sebagai model 2019 dengan banderol harga di bawah US$25.000.
Sebagai informasi, di Indonesia sendiri model terbaru Ranger resmi diluncurkan pada ajang IIMS 2015 bersamaan dengan dua model Ford lainnya, yaitu New Ford Focus dan All New Ford Everest.
Model global New Ford Ranger ini mengusung mesin 3.200 cc turbo-diesel yang mampu menyemburkan tenaga hingga 200 Hp pada 3.000 rpm serta dorong torsi 48 kg.m pada putaran 1.750 – 2.500 rpm. Dapur mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang diklaim Ford dapat berakselerasi mulai 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8.9 detik.
Soal harga untuk pasar Indonesia, New Ford Ranger dibanderol Rp314 juta (varian terendah) dan Rp488 juta (varian tertinggi). [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here