Ini yang Perlu Dilakukan Saat Perjalanan Jauh

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatu dan menghindari hal sepele demi menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Nah, salah satu instruktur kursus mengemudi Aprilio di Depok, Jawa Barat, memberikan saran untuk selalu mengurangi risiko yang dapat mengganggu keselamatan saat mengemudi atau berkendara.

Sebelum Anda berangkat, ada hal berikut yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?

  1. Simpan barang-barang atau benda-benda yang berpotensi menjadi ‘peluru’ saat mobil mengerem atau berakselerasi mendadak. Sebaiknya tempatkan barang-barang itu tidak di atas dashboard. Juga jangan meletakkan barang di atas barang lain hingga menjulang, karena barang tersebut dapat rubuh atau meluncur ke depan saat mobil mengerem atau berbelok.
  1. Letakkan ponsel dan perangkat elektronik di tempat khusus yang mudah dijangkau tapi aman, sehingga tidak berceceran di lantai yang berpotensi terinjak.
  1. Pastikan tempat minum diletakkan di cup holder atau di tempat tersendiri sehingga tidak mudah tumpah.
  1. Ketika Anda sudah bersiap mengemudi, pastikan posisi duduk, kaki dan tangan nyaman. Juga pastikan posisi spion dapat memantulkan situasi di belakang kendaraan dengan optimal. Setelah itu pasang sabuk pengaman, tapi jangan langsung tancap gas bila para penumpang belum melakukan hal yang sama. Artinya, penumpang juga harus duduk dalam posisi yang tepat dan terpasang sabuk pengaman.

Sementara itu, berikut beberapa hal yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi yaitu:

  1. Bersolek atau bercukur
  2. Melakukan pembicaraan yang memicu emosi
  3. SMS dan membaca email
  4. Menelepon
  5. Makan
  6. Membaca
  7. Nonton video

Yang paling penting lagi adalah jika Anda lelah dan mengantuk, segera pinggirkan mobil dan beristirahatlah sampai Anda kembali segar dan siap untuk melanjutkan perjalanan. Dan yang tak kalah penting bagi pengemudi adalah menghindari alkohol, minum obat yang menyebabkan kantuk sebelum mengemudikan mobil. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here