Merasakan Sensasi Berkendara Ford Escape 2017

Autoguide

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Ford Escape pernah meramaikan persaingan di segmen SUV kompak Tanah Air. Jika model terbarunya masuk Indonesia, model ini sepertinya layak jadi pilihan.

Memang belum ada kepastian siapa yang akan jadi wakil Ford di Indonesia setelah Ford Motor Indonesia memutuskan menutup operasinya di Tanah Air. Nah, sambil menunggu pihak mana yang bakal ditunjuk Ford sebagai distributor tunggal, ada baiknya Anda menyimak apa keunggulan Ford Escape model 2017. Siapa tahu model ini kelak masuk ke Indonesia.

Kita mulai dari desain eksteriornya. Untuk sisi ini, seperti dilansir dari Autoguide, ubahan terbesar terletak pada gril depan yang kini membuat SUV ini menyita perhatian. Gril besarnya membantu Escape terlihat lebih gagah dan ganteng.

Terlihat dengan tampilan barunya, Ford Escape seperti layaknya SUV yang piawai melibas medan berat. Kesan gahar diperkuat dengan velg berkelir hitam dan beberapa aksesoris yang juga berwarna hitam.

Makin menarik setelah Ford juga menyematkan lampu utama LED berdesain baru, ditambah lagi dengan fitur adaptive headlights, membuat SUV ini layak dihadapkan dengan beberapa SUV asal Negeri Sakura, seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Autoguide
Autoguide

Berpindah ke dalam kabinnya, kita tidak melihat ubahan yang terlalu banyak yang dibuat Ford. Tapi ada satu fitur baru menarik yang ditemukan, yaitu rem parkir elektronik. Dengan keberadaan fitur ini, maka tersedia ruang kosong di konsul tengah yang biasa menjadi tempat mangkal tuas rem tangan. Untuk mengisi kekosongan ini, Ford membuat beberapa tempat penyimpanan.

Salah satu tempat penyimpanan itu dikhususkan untuk dapat menampung ponsel dan lokasinya berdekatan dengan port USB. Port ini jelas dapat dipakai untuk mengisi baterai ponsel atau digunakan untuk mengakses Android Auto atau Apple CarPlay.

Namun sayang, untuk ponsel ukuran besar tidak muat di tempat penyimpanan itu. Bahkan Samsung Galaxy Note 4 saja tak bisa masuk, dan iPhone 6 Plus kemungkinan juga tidak bisa. Tapi tak usah risau, karena ada tempat penyimpanan lain yang bisa memuat ponsel-ponsel bongsor, meski lokasinya bukan di dekat port USB.

Ubahan besar lain di dalam kabin Ford Escape 2017 adalah desain setir, yang kini lebih nyaman dalam genggaman tangan. Apalagi sudah dilengkapi dengan penghangat, yang sangat bermanfaat saat memasuki musim dingin di negara-negara dengan empat musim. Tapi kalau di negara tropis seperti Indonesia, fitur ini juga sangat membantu kala malam atau pagi hari, terutama saat cuaca hujan.

Secara garis besar, suasana kabin masih sama dengan model terdahulu, yakni ‘bersih’ dan memiliki layout dashboard yang ramah bagi pengguna dengan jajaran tombol yang mudah dijangkau dan nyaman untuk dioperasikan.

Ford Escape 2017 juga lebih senyap, sehingga Anda bisa tak merasakan bahwa mobil sudah melaju kencang berkat kelembutan suspensi, apiknya peredaman dan dorongan tenaga mesin yang lembut.

Sekarang kita beralih ke dapur pacu Ford Escape 2017. Autoguide menyebutkan bahwa SUV ini dibekali dua pilihan mesin baru, yaitu mesin 1.5-liter turbo empat silinder dan 2.0-liter empat silinder dengan twin-scroll turbocharger.

Kedua varian ini sama-sama dilengkapi fitur stop/start sebagai perlengkapan standar. Berdasarkan pengujian, fitur stop/start sangat lembut dan nyaman ketika dioperasikan. Kemudian, intelligent system dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 4 hingga 6 persen saat melintasi jalan macet, dan tidak akan aktif jika mobil berada dalam temperatur ekstrem.

Sementara itu, mesin 2.5-liter empat silinder masih ditawarkan, meski secara ekonomi kurang menguntungkan bagi Anda. Mesin EcoBoost dirasa menjadi pilihan yang jauh lebih baik. Untuk vatian mesin 1.5L memiliki tenaga 179 Hp dan torsi 177 pound-feet.

Sedangkan mesin 2.0L bertenaga 245 hp dan torsi 275 lb-ft. Semua mesin ini dikawinkan dengan transmisi matik enam percepatan. Bahkan untuk varian teratas sudah dilengkapi dengan paddle shifter.

Ford Escape juga ditawarkan fitur gerak roda depan, tapi sepertinya kebanyakan orang akan lebih memilih sistem AWD alias sistem gerak semua roda. Sistem ini bisa memindahkan hingga 100 persen tenaga mesin ke roda depan atau belakang jika diperlukan. Dengan begini, Anda tak akan lagi merasa kehilangan traksi saat melintasi jalan licin atau kala menapaki jalan terjal menanjak.

Bagi Anda penggemar mobil Ford, mulailah dari sekarang berdoa dan berharap segera ada pihak yang ditunjuk sebagai distributor sehingga Anda dapat merasakan sensasi berkendara dengan Escape model 2017. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here