Menebak 4 Mobil Listrik Anyar Mercedes-Benz

Autocar
RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mercedes-Benz kini melakukan percepatan program untuk membangun sejumlah model kendaraan listrik baru hingga empat tahun ke depan. Apa saja?
Upaya Mercedes itu menindaklanjuti rencana pemberian insentif oleh pemerintah Jerman untuk pembelian mobil bertenaga listrik. Hal ini juga sejalan dengan rencana yang diungkapkan oleh mantan kepala litbang Mercedes, Thomas Weber, yang menyatakan akan lahir empat mobil listrik baru hingga akhir 2020.
Lalu, mobil listrik jenis apa yang akan disiapkan raksasa otomotif Jerman ini? Kemungkinan besar adalah dua jenis sedan saloon dan dua lainnya adalah SUV. Dari sisi konstruksi, mobil listrik ini masih mengacu pada mobil konvensional, hanya saja sentuhan desainnya akan dibikin lebih unik agar mudah dikenali sebagai mobil listrik, kata seorang sumber di Mercedes seperti dikutip Autocar.co.uk.
Jajaran mobil listrik baru Mercedes ini nantinya difokuskan untuk menantang beberapa model mapan Tesla, seperti Tesla Model S, Model 3 atau Model X. Selain itu juga untuk mengantisipasi kedatangan versi produksi dari konsep Audi e-tron quattro pada 2018 mendatang.
Bila menilik ucapan Weber beberapa waktu lalu, model saloon listrik akan berbasis pada C-Class dan S-Class, sementara untuk model SUV akan berbagi platform dengan GLA dan GLC.
Sebenarnya Mercedes telah melakukan studi secara intens untuk melahirkan mobil listrik yang menggunakan platform sendiri. Namun, biaya pengembangan yang tinggi menjadi kendalanya, terutama bila volume produksinya di bawah 50.000 unit per tahun. Itu tergambar dari apa yang dialami oleh Tesla, yang belum juga meraup untung sejak Model S diluncurkan.
Untuk model yang berbasis GLA akan mengadopsi platform MFA yang sudah dimodifikasi dan mengusung sistem Electric Drive seperti milik B-Class. Sedangkan untuk model yang berbasis C-Class, S-Class dan GLC akan menggunakan platform anyar modular MRA (Modular Rear Architecture), yang dirancang untuk menopang kendaraan listrik. Model pertama yang akan menggunakan platform anyar ini adalah GLC Fuel Cell, yang akan diluncurkan tahun depan.
Meski belum ada pengumuman kapan mobil listrik pertama Mercedes akan dirilis, beberapa orang dalam Mercedes di Stuttgart membenarkan bahwa mereka tengah mengembangkan beberapa motor listrik baru dengan kapasitas berkisar mulai dari 75kW (101bhp) hingga 400kW (536bhp). Nah, sekarang tnggal menunggu pengumuman lebh lanjut dari Mercedes seputar mobil listrik terbarunya itu. [yog].
Tertarik dengan mobil mewah Mercedes-Benz? Dapatkan penawaran khusus pada tautan berikut ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here