Mengenal Istilah ‘Tune Up’ Era Dulu dan Sekarang

Dok. ameshistory.org
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kendaraan modern saat ini dinilai banyak orang lebih handal sehingga pantas disebut minim perawatan dan bahkan nyaris bebas perawatan. Benarkah demikian?
Mungkin penilaian itu ada benarnya jika mengacu pada istilah ‘Tune-Up’ pada zaman dulu yang meliputi menyetel dan membersihkan karburator, membersihkan dan mengganti busi, menyetel waktu pengapian dan sebagainya.
Tapi dengan kebanyakan mobil sekarang menggunakan fuel-injection dan electronic ignition, maka prosedur yang disebutkan tadi sudah tak lagi dilakukan oleh mekanik, kata mekanik di sebuah bengkel di Jakarta Selatan, pekan ini.
“Untuk saat ini, istilah ‘Tune Up’ mengacu pada jadwal servis yang dianjurkan dengan interval, seperti 24.000, 48.000 dan 96.000 kilometer,” ujar mekanik tersebut.
yogi megah perkasa
yogi megah perkasa
Rekomendasi atau anjuran ‘Tune Up’ pada interval yang disebutkan di atas mencakup penggantian oli mesin dan memeriksa sejumlah sistem penting lainnya. Usia mobil dan jarak tempuh juga ikut berperan dalam penggantian komponen vital, seperti rem, sistem kemudi, aki, spooring dan balancing, suspensi dan sistem penggerak roda.
Melalui pemeriksaan rutin dan menyeluruh pada seluruh sistem dan komponen mobil, katanya, maka usia pakai komponen dapat mendekati akhir siklusnya. Pasalnya, jika sampai komponen-komponen vital itu rusak sebelum waktu idealnya, tentu dana yang dibutuhkan untuk penggantian dapat menguras kantong, belum lagi mengganggu kenyamanan saat berkendara.
“Jadi pesan saya, jangan hanya fokus pada penggantian oli-oli, tapi minta juga mekanik untuk memeriksa seluruh komponen yang ada dalam daftar harus diperiksa sesuai yang direkomendasikan pabrik,” katanya.
Intinya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan ini juga pas untuk diterapkan pada kendaraan kesayangan Anda. Dan meski beberapa suku cadang, seperti misalnya aki, tertera kata ‘Maintenance Free’, bukan berarti bebas dirawat sama sekali. Tetap saja Anda perlu mengecek dan menggunakannya sesuai rekomendasi pabrik. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here