All New Fortuner, Mobil Buatan Toyota Paling Banyak Diekspor

Dok TMMIN

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota All New Fortuner jadi mobil yang paling banyak di ekspor dari Indonesia. Tercatat, pada April 2016, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah melakukan pengiriman hingga 6.000 unit All New Fortuner ke berbagai negara di dunia.

Secara keseluruhan TMMIN melakukan ekspor hingga 16.900 unit kendaraan pada April 2016. Jumlah tersebut naik 6 persen dibanding periode sama di tahun 2015.

Kijang Innova dan Vios memberikan kontribusi pada kinerja ekspor masing-masing sebesar 2.000 dan 3.000 unit. Model lain yang diekspor seperti Yaris, Avanza, Agya, Rush dan Lite Ace/Town Lite menyumbangkan volume sebesar 5.900 unit.

“Respon konsumen mancanegara maupun dalam negeri sangat positif terhadap Fortuner generasi baru ini sehingga memicu kami untuk semakin kompetitif dan berdaya saing tinggi,” terang Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN di Jakarta.

Warih menambahkan, pihaknya berharap agar dapat mengimbangi kerjasama dengan industri otomotif antara hilir hingga hulu dapat mendukung posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor di Asia-Pasifik.

Sementara, Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar di tahun 2016. Total, 74% volume ekspor Fortuner ditujukan untuk konsumen di negara tersebut.

Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di kawasan Timur Tengah, Amerika Latin dan Karibia. Untuk model Kijang Innova dan Vios, Saudi Arabia merupakan negara importir terbesar dengan porsi masing-masing 84% dan 85% dari total volume ekspor kedua jenis kendaraan tersebut.

All New Fortuner dibuat Toyota dengan menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Hal ini dianggap Toyota guna mengulang kesuksesan varian All New Hilux dan All New Kijang Innova yang telah lebih dulu mengaspal.

Untuk produk terbarunya itu, Toyota menghadirkan enam line-up yang terbagi dalam tiga varian, yaitu, VRZ, SRZ, dan G.

SUV andalan Toyota ini mengusung mesin GD dengan VN-Turbo Intercooler untuk mesin diesel dan mesin New TR dengan Dual VVT-i Technology untuk mesin bensin. Performa  All New Fortuner jauh lebih tangguh dibandingkan versi pendahulunya.

Soal harga, Toyota All New Fortuner untuk pasar Indonesia ditawarkan mulai Rp442 juta hingga Rp631.5 juta on the road Jakarta. [yog]

Dapatkan penawaran khusus untuk mobil Toyota, pada tautan berikut ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here