Toyota Prius 2016 Mobil Paling Irit Versi Consumer Reports

Autoblog

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Kelahiran Toyota Prius 2016 mendapat respons beragam dari sisi tampilan depan, tapi bicara soal performa, sepertinya semua sepakat bila model hybrid ini jauh lebih oke.

Penilaian itu diperkuat oleh serangkaian pengujian yang dilakukan Consumer Reports belum lama ini, yang kemudian menempatkan kendaraan hybrid teranyar Toyota itu sebagai yang paling irit di kelasnya.

Menurut Consumer Reports, seperti dikutip Autoblog, Toyota Prius model 2016 melaju lebih jauh dengan mengonsumsi bahan bakar sebanyak 3,7 liter dibandingkan dengan model kendaraan lain yang diuji Consumer Reports.

Dalam tes tersebut, konsumsi bahan bakar Prius 2016 adalah 52 mpg (22,2 km/l), lebih irit ketimbang Prius model lawas yang memiliki tingkat efisiensi 44-mpg (18,7 km/l). Juga mengungguli Honda Insight yang memiliki efisiensi 51 mpg (21,6 km/l) untuk model 2000. Honda Insight yang bertempat duduk dua ini adalah pemegang gelar mobil teririt dalam pengujian Consumer Reports sebelumnya. Tapi kini gelar itu direbut oleh New Prius.

Untuk pengujian konsumsi bahan bakar yang dilakukan, Consumer Reports memasang fuel meter dan melintasi rute yang sama untuk masing-masing kendaraan. Untuk rute perkotaan, Prius mengonsumsi 43 mpg (18,3 km/l), meningkat 11-mpg (4,6 km/l) dibandingkan Prius generasi sebelumnya.

Saat melaju pada kecepatan 65-mph (104,6 km/jam) di jalan bebas hambatan, Prius mengonsumsi 59 mpg (25 km/l). Catatan ini bahkan lebih baik ketimbang mobil bermesin diesel yang pernah diuji Consumer Reports.

Sebenarnya tak cuma soal tingkat konsumsi bahan bakar yang membuat terkesan Consumer Reports, karena dari sisi pengendalian, Toyota Prius 2016 juga dinilai lebih mantap, lebih nyaman dan senyap serta performa pengereman yang mumpuni.

Selain itu, material yang dipakai pada kabin juga mendapat penilaian apik. Dalam catatan Consumer Reports, Prius 2016 adalah mobil yang pas untuk lima penumpang dan mencatat skor bagus dalam uji tabrak. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here