Menyambut Truk Otonom dari Scania

Scania

RAJAMOBIL.COM, Stockholm – Di tengah gempita teknologi otonom untuk mobil penumpang, Scania juga sibuk mengembangkan truk tanpa sopir.

Scania, produsen truk asal Swedia yang 70 persen sahamnya dimiliki Volkswagen, mengatakan bahwa mereka tengah mengembangkan truk berteknologi self driving alias otonom.

Truk tanpa sopir garapan Scania itu selain bisa melaju tanpa intervensi manusia, juga dapat melakukan bongkar muat barang dengan kendali jarak jauh.

Seperti dikutip mining-technologi, truk Scania otonom ini dirancang agar mudah dioperasikan di kawasan tambang dan juga di medan berat lainnya.

Untuk saat ini, Scania baru mengembangkan truk otonom untuk keperluan di pertambangan. Dan truk tambang ini diklaim sebagai satu-satunya yang dibekali teknologi self driving.

Dalam pengembangan teknologi pintar tersebut, para peneliti Scania mendapat dukungan dari para ilmuwan dari beberapa perguruan tinggi di Swedia.

Para ‘orang pintar’ itu kini sibuk menguji truk tanpa sopir dan ditargetkan mereka dapat berperan besar dalam sistem transportasi masa depan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa industri pertambangan sangat bergantung pada kendaraan angkut bergaya konstruksi yang berukuran besar dan harganya selangit. Sementara semakin banyak yang membutuhkan truk berukuran lebih kecil serta lebih fleksibel untuk kebutuhan khusus di pertambangan.

Tim peneliti dan pengembang di divisi litbang Scania yang berjumlah 20 orang itu terus berusaha menciptakan sistem self driving untuk menunjang sistem transportasi masa depan di berbagai area industri.

Di antara rencana masa depan Scania, salah satunya adalah truk kontainer otonom di pelabuhan. Dan setelah itu berlanjut ke sektor transportasi jarak jauh, yaitu untuk membawa barang dari pusat penimbunan kargo untuk dipindahkan ke sejumlah truk pengangkut biasa.

Untuk teknologinya mirip dengan apa yang diterapkan pada mobil penumpang otonom, yakni memanfaatkan sejumlah sensor, kamera dan juga panduan satelit.

Sebagai informasi, di Indonesia untuk bus dan truk Scania dipasarkan oleh PT United Tractors, selaku agen pemegang merk Scania yang saat ini telah mempunyai fasilitas perakitan CKD (completely knocked down) di Kawasan Cakung, Jakarta Timur. [yog]

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here